Akhirnya, Suzuki Blak-blakan soal Karimun Wagon Model Baru

Suzuki New Karimun Wagon R.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Pius Yosep Mali

VIVA – ?Renault resmi meluncurkan mobil baru untuk pasar India, yakni Triber. Kendaraan yang dapat menampung tujuh orang penumpang tersebut menggunakan platform Kwid, dengan mesin tiga silinder 1.000cc.

Harga jual Triber memang belum diumumkan. Namun, beberapa media asing menyebut banderolnya 530-800 ribu Rupee, atau sekitar Rp116-160 juta.

Mobil keluarga dengan harga terjangkau tersebut, juga akan dijual di Tanah Air. Maxindo Renault Indonesia, sebagai produsen, akan meluncurkannya di Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019.

Menyambut Triber mengaspal di RI, merek mobil Suzuki sebagai salah satu calon pesaingnya, mengaku tidak khawatir. Hal itu disampaikan Direktur Pemasaran PT Suzuki Indomobil Sales divisi roda empat, Donny Saputra.

Welcome to the jungle, low multi purpose vehicle di Indonesia seperti mawar berduri. Enggak pintar pegang durinya, berdarah-darah. Sekarang, pangsa pasar low MPV masih 32 persen,” ujarnya di Jakarta, Senin 24 Juni 2019.

Meski masuk dalam segmen MPV, namun secara harga, Triber bakal mengganggu penjualan mobil low cost green car. Di segmen tersebut, Suzuki memiliki Karimun Wagon R, yang hingga saat ini masih berkapasitas lima penumpang.

Namun, hingga saat ini, kata Donny, agen pemegang merek Suzuki di Tanah Air itu belum berencana menghadirkan versi barunya.

“Infus produk perlu, tapi kami harus melihat tidak hanya di Indonesia. Untuk saat ini, belum ada permintaan spesifik dari Pakistan akan pembaruan,” tuturnya.

Dia mengatakan, Pakistan menjadi pengambil keputusan, kapan Karimun harus diperbarui. Alasannya, permintaan pasar di sana lebih besar dari dalam negeri.

“Karimun Wagon masih kami jual, produksi dalam negeri 500 unit per bulan. Ekspor ke Pakistan 3.000 unit,” jelasnya.