Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Selasa, 25 Juni 2019 | 12:52 WIB

Soal Bikin Mobil, Indonesia Pernah Diremehkan Jepang

Team VIVA »
Yunisa Herawati
Foto :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa
Logo Daihatsu

VIVA – Sejak puluhan tahun lalu, Jepang menjadi salah satu penyedia kendaraan untuk pasar dunia. Banyak merek mobil yang diekspor dari Negeri Matahari Terbit itu, salah satunya Daihatsu.

Untuk mempermudah distribusi dan menekan harga jual agar terjangkau, maka mereka mendirikan pabrik di negara-negara yang dianggap menjadi pasar potensial. Termasuk, Indonesia.

Baca Juga

Seiring perkembangan zaman, pabrik Daihatsu di Tanah Air bisa memproduksi kendaraan dengan model dan kualitas yang tidak kalah dari negara asalnya. Bahkan, sejak 2007 mereka sudah mengekspor satu model ke Jepang, yakni Gran Max.

Proses pengiriman mobil buatan pabrik Daihatsu di Indonesia itu, kata Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra, bukan perkara yang mudah. Pihak Jepang sempat ragu, dengan kualitas dari produk mobil di Tanah Air.

Terpopuler

“Masuk pasar Jepang kan enggak gampang, dan Daihatsu konsisten sampai tahun ini. Sebelumnya, diler Jepang enggak percaya, kok ekspor dari Indonesia. Kan banyak hutan, mana bisa bikin mobil,” ujarnya di Jakarta, Selasa 25 Juni 2019.

Akhirnya, ADM melakukan berbagai cara, termasuk mengundang pihak Jepang untuk datang langsung menyaksikan proses pembuatan.

“Jalan panjang kami lalui, hingga undang ke pabrik Daihatsu. Pabriknya sama dengan Jepang juga, jadi mereka percaya dan yakin sampai hari ini,” tuturnya. (kwo)

Topik Terkait
Saksikan Juga
Review Fitur Daihatsu Grand New Xenia 2019, Apa Kelebihanya?
OTOMOTIF - 6 bulan lalu