Semua Penjualan Mobil Daihatsu Naik, Kecuali Model Ini

All New Daihatsu Terios.
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA – Bagi para pebisnis yang bergerak di industri otomotif, masa jelang lebaran adalah waktu yang ditunggu-tunggu. Sebab, banyak masyarakat yang melakukan transaksi pembelian.

Hal itu juga dialami Daihatsu Indonesia. Pada Mei 2019, angka penjualan mereka dari diler ke konsumen mengalami peningkatan dari bulan sebelumnya.

Berdasarkan keterangan resmi PT Astra Daihatsu Motor yang diterima VIVA, Rabu 26 Juni 2019, angka penjualan retail mereka pada bulan ke-5 tahun ini mencapai 17.486 unit. Jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, ada kenaikan sebesar 32 persen.

Jika melihat pasar otomotif secara nasional, terjadi peningkatan penjualan dari diler ke konsumen di bulan tersebut. Dengan selisih lebih tinggi sekitar 16 persen, ada lebih dari 93 ribu unit kendaraan yang laku.

Dari semua mobil yang ditawarkan oleh ADM, low cost green car tujuh penumpang andalan mereka, Sigra, masih menjadi yang paling laris. Pada April 2019, mobil tersebut laku 4.026 unit dan menjadi andalan Daihatsu pada bulan tersebut.

Masuk ke bulan berikutnya, distribusi Sigra dari diler ke konsumen naik 50 persen, menjadi 6.163 unit. Gran Max versi pikap berada di peringkat selanjutnya, dengan angka 2.512 unit. Bulan sebelumnya, Gran Max pembawa barang itu hanya laku 2.334 unit.

Xenia, Ayla dan Gran Max minibus juga naik penjualan retail-nya. Sayangnya, hal itu tidak berlaku bagi sport utility vehicle Terios. Jika pada April bisa terjual sebanyak 1.956 unit, maka di bulan selanjutnya hanya 1.846 unit, turun lima persen.