Adu Laris Mobil SUV Bermesin 1.500 Turbo, Jepang Vs China

SUV Wuling Almaz resmi meluncur di Indonesia.
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA – Sama seperti Multi Purpose Vehicle, pertarungan mobil Sport Utility Vehicle bermesin 1.500cc turbo di Indonesia juga tak kalah sengit. Produsen mobil merek China berlomba-lomba, berusaha meraih pangsa pasar yang selama ini dikuasai merek Jepang.

Berawal dari PT Sokonindo Automobile. Sejak menjajaki pasar Tanah Air di 2018, agen pemegang merek mobil DFSK tersebut langsung menawarkan mobil berjenis SUV, yakni Glory 580.

Mobil tersebut ditawarkan dalam dua pilihan mesin, yakni 1.500cc turbo dan 1.800cc. Lalu, Wuling Motors yang awalnya fokus menjual mobil berjenis MPV, juga ikut merilis mobil gagah. Almaz pertama kali hadir pada awal 2019, memanfaatkan mesin Cortez dengan kapasitas 1.500cc turbo.

Satu-satunya SUV Jepang yang bermain di kelas 1.500cc turbo, yakni Honda CR-V, tidak mampu menahan gempuran merek-merek China tersebut. Sebab, mereka menawarkan mobil yang berlimpah fitur, namun harganya terjangkau.

Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, penjualan CR-V dari pabrik ke diler pada Mei 2019, hanya 728 unit. Angka tersebut mengalami penurunan, dari bulan sebelumnya yang mencapai 1.078 unit.

Berbeda dengan pencapaian Almaz. Pada April tahun ini, mobil tersebut laku 610 unit, namun kemudian meningkat jadi 1.130 unit di bulan berikutnya. Sementara itu, penjualan Glory 580 pada bulan ke-5 tahun ini hanya 93 unit. Hasil tersebut belum termasuk varian mesin 1.800cc yang ditawarkan. (kwo)