Masuk di Segmen MPV, Mobil China Ini Nomor Dua Terlaris

Wuling Cortez mesin Turbo
Sumber :
  • Pius/VIVA

VIVA – Mobil keluarga masih jadi kendaraan favorit bagi masyarakat Indonesia. Kabin yang lega dan kapasitas angkut yang bisa menampung tujuh orang penumpang, menjadi keunggulan utamanya.

Di Tanah Air, mobil keluarga yang masuk dalam segmen Multi Purpose Vehicle dibagi menjadi tiga jenis, yakni low, medium dan upper.

Jika melihat data penjualan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), ada empat produk mobil keluarga kelas menengah atau medium MPV, yang kini dipasarkan. Yakni, Toyota Innova, Isuzu Panther, Wuling Cortez, dan Toyota Sienta.

Jika ditotal, penjualan empat produk mobil keluarga kelas menengah mencapai 4.399 unit. Merek Toyota masih mendominasi penjualan di segmen ini. Berdasarkan data, pengiriman Innova dari pabrik ke diler sepanjang Mei 2019, mencapai 3.916 unit.

Pendatang baru asal China, yakni Wuling, belum mampu berbuat banyak. Mengandalkan produk Cortez, penjualan Wuling di segmen ini pada Mei 2019 hanya tercatat 387 unit. Meski demikian, jumlah tersebut menempatkan mereka di posisi dua.

Urutan ke-3 ditempati produk legendaris dari Isuzu, yakni Panther. Mobil keluarga yang hanya ditawarkan untuk penggemar mesin diesel ini, mencatat penjualan wholesales sebanyak 50 unit.

Bagi penggemar mobil berpintu geser, Toyota menawarkan Sienta. Angka penjualannya hanya 46 unit, sepanjang Mei 2019. (kwo)