Adu Hatchback Terlaris, Cuma 1 yang Tembus Seribu Unit

Peluncuran Honda Jazz baru di Surabaya.
Sumber :
  • Nur Faishal (Surabaya)

VIVA – Meski pangsa pasarnya tidak sebesar mobil keluarga, namun kendaraan yang masuk dalam segmen hatchback tetap ada peminatnya. Itu sebabnya, hingga kini produsen masih terus menyajikan model tersebut di Tanah Air.

Jika melihat data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pengiriman kendaraan hatchback dari pabrik ke diler-diler mencapai ribuan unit setiap bulannya.

Honda dengan produk andalannya, Jazz mendominasi penjualan mobil tanpa ‘buntut' pada Mei 2019. Pada bulan ke-5 tahun ini, distribusi ke diler mencapai 1.085 unit. 

Bagi penggemar Toyota, Yaris menjadi satu-satunya produk hatchback yang dijual di Tanah Air. Mobil yang dikenal luas sebagai pesaing Jazz itu, sepanjang Mei 2019 berhasil membukukan angka pengiriman 743 unit. Dengan jumlah tersebut, Yaris menduduki peringkat dua hatchback terlaris di bulan puasa tahun ini.

Penantang baru dari merek Suzuki, belum bisa menyaingi rivalitas Jazz dan Yaris. Mengandalkan Baleno Hatchback, penjualan wholesales Suzuki di segmen ini mencapai 346 unit. Sementara, Mazda2 hanya berhasil laku 112 unit.

Selain Jazz, Honda juga menawarkan Civic Hatchback di Tanah Air. Mobil dengan tampilan sporty ini, mencatat penjualan wholesales 88 unit pada Mei 2019. 

Chevrolet yang juga menyuguhkan produk di segmen tersebut, belum bisa menyaingi dominasi merek Jepang. Hal ini bisa dilihat dari penjualan Spark, yang tercatat hanya dua unit. (kwo)