Mercy Bicara soal Calon Mobil Baru Jokowi-Ma'ruf

Mobil Presiden RI
Sumber :
  • Irwandi Arsyad - VIVA.co.id

VIVA – Mercedes-Benz menjadi salah satu merek otomotif, yang ikut dalam lelang untuk menjadi mobil dinas pemimpin negeri. Jika terpilih, produk otomotif Jerman itu akan menemani perjalanan dinas preiden dan wakil presiden periode 2019-2024, Jokowi-Ma'ruf Amin.

Deputy Director Marketing Communication Mercedes-Benz Distribution Indonesia, Hari Arifianto mengatakan, saat ini mereka tidak bisa membeberkan informasi apapun soal mobil yang diajukan.

"Untuk spesifikasi dan jenis mobil, mohon maaf sekali kami tidak bisa informasikan. Ini terkait data konsumen. Pembeli biasa saja kami jaga datanya, apalagi ini untuk keperluan pemimpin negara," ujarnya saat dihubungi VIVA, Rabu 3 Juli 2019.

Agar bisa menjadi kendaraan dinas pemimpin negara, kata Hari, pihaknya menyediakan produk khusus dengan sistem keamanan terbaik. Sistem keamanan yang dimaksud, antara lain lapisan antipeluru yang dipasang untuk melindungi penumpang di dalam kabin.

Kendaraan Mercedes-Benz dengan sistem keamanan tersebut, bukanlah produk massal. Sehingga, dia mengatakan, dibutuhkan waktu untuk membuat mobil dengan sistem keamanan terbaik itu.

"Biasanya, setelah ada putusan, kami bicara dengan kantor pusat di Jerman. Baru, nanti mobil ini disiapkan. Untuk mobil presiden, benar-benar dirancang khusus, bukan hasil modifikasi dari produk sejenis," tuturnya.

Soal waktu pembuatan mobil pemimpin negara, Hari enggan menyebut secara jelas. Namun, dia memastikan, merek otomotif Jerman ini akan mengikuti aturan atau kebijakan yang sudah ditetapkan.

"Waktu pembuatan mobilnya hingga sampai ke Indonesia, kami ikuti aturan yang diberlakukan. Yang jelas, kami siap," ungkapnya. (ang)