2 Produk Lokal Ini Enggak Boleh Ikut Pameran GIIAS 2019

Kendaraan AMMDes
Sumber :
  • VIVA/Pius Mali

VIVA – Nama AMMDes atau Alat Mekanis Multifungsi Pedesaan mulai dikenal masyarakat, setelah diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo pada Agustus 2018. Kala itu, AMMDes mejeng di pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show.

Tahun ini, kendaraan itu dipastikan tidak bisa tampil di pameran otomotif bergengsi tersebut. Sebab, Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Yohannes Nangoi mengatakan, AMMDes bukan mobil. 

"Tahun lalu diluncurkan di GIIAS, karena memanfaatkan animo peserta maupun pengunjung GIIAS. Sehingga, AMMDes bisa terangkat dan diketahui oleh masyarakat," ujar pria yang akrab disapa Nangoi itu di Jakarta, Kamis 4 Juli 2019. 

Untuk tahun ini, diketahui nama AMMDes tidak masuk dalam daftar kendaraan yang dipajang di pameran berskala internasional tersebut. AMMDes yang lahir sebagai alat multifungsi itu, kata Nangoi, juga bukan anggota dari Gaikindo.

"Untuk selanjutnya, bisa ditanyakan kepada pihak Kementerian Perindustrian, khususnya ke Dirjen ILMATE, dan pihak bersangkutan yang lebih mengetahuinya. Karena, AMMDes bukan anggota kami," tuturnya. 

Hal yang sama berlaku untuk produk otomotif lokal lainnya, Fin Komodo. Kendaraan serbaguna itu juga tidak mendapatkan panggung, untuk bisa lebih dikenal oleh masyarakat. 

"Untuk Fin Komodo, juga kembali saya katakan, bukan anggota Gaikindo. Untuk informasinya, bisa ditanyakan ke pihak terkait. Kami Gaikindo, tidak terlalu mengetahui informasi soal Fin Komodo," ungkapnya.