Nissan Indonesia Tak Lagi Jual Mobil Ini

Nissan X-Trail Hybrid.
Sumber :
  • Herdi Muhardi/VIVA.co.id

VIVA – Nissan bukan pemain baru dalam bidang kendaraan ramah lingkungan. Pada 2015, mereka bahkan sudah menghadirkan X-Trail Hybrid di Tanah Air, yang mengombinasikan mesin konvensional dengan dinamo listrik.

Sayangnya, di saat produsen lain berlomba-lomba menyambut era mobil listrik di Indonesia, PT Nissan Motor Indonesia sebagai agen pemegang merek, justru menghentikan penjualan mobil sport utility vehicle tersebut.

Salah satu tenaga penjual diler Nissan di Jakarta yang namanya enggan dicantumkan, menyebut, X-Trail Hybrid memang sudah tidak dijual sejak 2018. Bahkan, di tahun sebelumnya saja sudah sepi peminat.

“Enggak ada sekarang (X-Trail Hybrid). Harganya mahal, jadi jarang yang pesan. Terakhir, sempat dapat satu konsumen, itu pun harus inden enam bulan,” ujarnya kepada VIVA, Selasa 9 Juli 2019.

Saat dikonfirmasi, Head of Communication NMI, Hana Maharani, membenarkan hal tersebut. Namun, dia tidak menjelaskan, kapan SUV ramah lingkungan itu mulai disetop penjualannya.

“Tidak (X-Trail Hybrid sudah tidak dijual lagi),” tuturnya singkat.  

Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, penjualan X-Trail Hybrid dari pabrik ke diler sepanjang 2016 hanya empat unit. Lalu, di 2017 terjual 10 unit, dan di 2018 tidak ada angka penjualan.

Artinya, NMI sudah tidak lagi menjajakan kendaraan yang memadukan mesin bensin 2.000cc dan motor listrik itu, sejak tahun lalu. Saat masih dijual, mobil yang dibawa utuh dari Jepang itu dibanderol Rp664,7 juta on the road Jakarta. (kwo)