Ada Satu Tradisi Suzuki Jimny yang Mau Dibangkitkan Lagi di Indonesia

Suzuki Jimny di GIIAS 2019.
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

VIVA – Nama Jimny sudah menjadi legenda di Indonesia. Kendaraan beroda empat bermerek Suzuki itu sempat tenar pada era 80-an hingga 90-an. Namun, kemudian tidak lagi diperbarui.

Kini, generasi ke-4 dari mobil jip tersebut resmi dijual di Indonesia. Setelah pada tahun lalu hanya dipamerkan, saat ini PT Suzuki Indomobil Sales sudah mulai memasarkan mobil ikonik tersebut.

Bagi SIS, memiliki model Jimny adalah sebuah kebanggaan tersendiri. Alasannya, meski sudah berumur 20 tahun, namun mobil berpenampilan gagah itu harga jualnya masih cukup tinggi.

“Kami produksi 20 tahun lalu, sekarang harganya masih di atas Rp100 juta. Malah, dicari banyak orang. Jadi, bagi kami sebuah kebanggaan,” ujar Direktur Pemasaran SIS divisi roda empat, Donny Saputra di ICE BSD, Tangerang, Jumat 19 Juli 2019.

Untuk meneruskan tradisi, SIS berkeinginan melakukan perakitan Jimny baru secara lokal. Sebab, mereka sudah berpengalaman dalam hal itu. Selain itu, mesin yang digunakan memiliki kode K15B, sama seperti yang dipasang di Ertiga.

“Untuk perakitan secara lokal, saat ini kami sedang berkomunikasi secara intensif dengan prinsipal kami. Diharapkan, dalam proses itu kami bisa memproduksi lokal nantinya,” tuturnya.

Sebagai informasi, saat ini Jimny yang dijual di Indonesia diimpor langsung dari Jepang. SIS hanya mendapat jatah 50 unit per bulan, karena permintaan akan mobil tersebut di dunia sangat tinggi.