Daftar SUV 'Murah' di GIIAS yang Pakai Fitur Canggih

DFSK Glory i-Auto (kiri)
Sumber :
  • VIVA/Pius Mali

VIVA – Mengikuti tren di global, pasar mobil jenis Sport Utility Vehicle di Tanah Air juga terus tumbuh setiap tahunnya. Produsen mobil berlomba-lomba merilis SUV, dengan desain menarik dan fitur berlimpah.

Wuling Motors yang awalnya bermain di kelas Multi Purpose Vehicle, kini melebarkan sayap dengan menjual Almaz. Mobil gagah pertamanya itu ditawarkan empat varian, dengan mesin 1.500cc turbo.

Untuk varian terendah, Almaz dibanderol Rp263,8 juta, transmisi manual enam percepatan. Dengan harga tersebut, konsumen sudah bisa memiliki SUV merek China, dengan beragam fitur canggih di dalamnya.

Salah satu kecanggihan yang ditawarkan, yakni Wuling Indonesian Command. Fitur itu bekerja melalui perintah suara, yang dipahami dalam bahasa Indonesia. Pengemudi hanya mengucapkan ‘Halo Wuling’ untuk mengaktifkannya.

Fitur bisa dimanfaatkan untuk menyalakan AC, mencari saluran radio, mengatur volume, memutar musik, membuka sunroof, membuka kaca jendela, dan lain-lain.

Jika harga tersebut masih terbilang mahal, Anda bisa melirik DFSK Glory 560. Banderol SUV itu hanya Rp189 juta untuk tipe terendahnya, namun mesinnya sudah 1.500cc turbo.

Untuk teknologi, SUV dengan transmisi manual itu sudah memiliki smart keyless atau kunci ‘pintar;, pengingat kecepatan, head unit layar sentuh, dan lain-lain.

Fitur keamanannya sudah ditanamkan electronic parking brake, pengereman anti-lcok braking system (ABS) dan electronic brakeforce distribution (EBD), serta engine immobilizer.

Jika naksir merek Jepang, Toyota menawarkan Rush tipe G transmisi manual berbanderol Rp244,25 juta. Dengan harga tersebut, Anda mendapatkan mesin 1.500cc non turbo, sama seperti Avanza. Ada juga Daihatsu Terios, dengan banderol Rp202 jutaan.

Keempatnya dapat menampung tujuh orang penumpang, namun secara dimensi masing-masing berbeda. Mobil-mobil gagah itu turut hadir di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019.