Daihatsu Punya Mobil Canggih, Bisa Dicoba di GIIAS

Daihatsu Tanto
Sumber :
  • ADM

VIVA – Daihatsu Tanto kembali meramaikan pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019. Tak sekadar dipajang, mobil berteknologi canggih itu juga bisa dicoba oleh konsumen.

Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra mengatakan, Tanto dipamerkan untuk memperlihatkan, bahwa merek otomotif Jepang itu memiliki teknologi canggih pada jajaran produknya.

Mobil mungil yang dipajang di GIIAS itu juga merupakan model baru, yang dibangun menggunakan platform Daihatsu New Global Architecture atau DNGA.

"Kami mau saja jual. Tetapi, tahu sendiri, orang Indonesia enggak suka mobil bentuknya begini. Kami pajang, karena Tanto punya teknologi Smart Assist. Di luar negeri sudah banyak, nah kami coba kenalkan teknologinya di sini," ujarnya di ICE BSD, Tangerang, Minggu 28 Juli 2019.

Pada model baru itu, sistem keamanan dan keselamatan yang disematkan lebih lengkap. Fitur baru ini mampu membantu mencegah benturan, dengan mengaktifkan pengereman darurat secara otomatis, ketika mendeteksi kendaraan lain atau pejalan kaki di depan maupun belakang.

Tanto juga dipasangi teknologi lane keeping control system, yang akan memberi peringatan kepada pengemudi saat mobil berpindah jalur mendadak dan tidak disengaja, serta mengembalikan posisi lingkar ke posisi semula secara otomatis.

Lampu utama sudah mengadopsi adaptive high-beam, yang mampu menyesuaikan arah sinar lampu dengan kondisi jalan, serta tidak membuat silau pengendara dari arah berlawanan.

Empat kamera dipasang di mobil, untuk membantu visual pengemudi di sisi depan, kiri, kanan, serta belakang kendaraan. Parkir yang kerap menjadi kendala pun, bisa diatasi dengan parking assist yang menjadi perangkat standar mobil. (ren)