Yang Punya Mobil Ini, Enggak Perlu Beli Genset saat Listrik Mati

Mitsubishi Outlander PHEV
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Padamnya aliran listrik yang terjadi di sebagian Pulau Jawa pada Minggu 4 Agustus 2019, membuat banyak warga resah. Banyak aktivitas yang tidak bisa dilakukan, akibat tidak adanya setrum.

Tak heran, jika kemudian banyak yang membeli generator, agar lampu dan peralatan listrik di rumah tetap berfungsi. Toko penyedia alat yang juga disebut dengan istilah genset itu, mendadak ramai dikunjungi konsumen.

Namun ternyata, jika Anda kebetulan memiliki mobil Mitsubishi Outlander Plugin Hybrid Electric Vehicle, maka padamnya listrik bukan menjadi masalah besar. Sebab, kendaraan tersebut bisa dialihkan fungsinya menjadi penyedia setrum.

Hal itu dikatakan langsung oleh Head of Technical Service and Customer Service Support Section PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia, Irwansyah Siregar.

"Pada saat kondisi baterai penuh, bisa dijadikan seperti powerbank. Tapi, dibatasi sampai 1.500 Watt dayanya," ujarnya belum lama ini di pameran GIIAS 2019.

Caranya menggunakannya cukup mudah, sudah tersedia soket di bagasi belakang Outlander PHEV. Jika dibutuhkan untuk menjadi powerbank, Anda hanya tinggal colok saja beban yang mau dipasang, tanpa harus menyalakan mesin mobil.

Jika daya baterai tersisa 20 persen, otomatis mesin bensin akan menyala untuk mengisi daya ke baterai. Jadi, dengan bermodalkan bensin di tangki, mobil bisa menyediakan listrik dalam jangka waktu lama. (kwo)