Kijang Innova Baru Bakal Ganti Mesin, Bye-bye Diesel

Toyota Innova Venturer.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Innova hingga saat ini, menjadi tulang punggung Toyota di segmen multi purpose vehicle kelas menengah. Mobil ini banyak disukai, karena dianggap sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.

Selain hadir dalam varian mesin bensin, Innova juga ditawarkan versi mesin diesel. Hal yang sama juga terjadi di India, di mana penggemar mesin diesel masih sangat banyak.

Namun, Toyota India berencana mengubah hal itu. Mereka tidak akan lagi menjual Innova yang membutuhkan solar sebagai bahan bakarnya. Seperti dilansir dari Indianautosblog, Jumat 9 Agustus 2019.

Menurut salah satu orang yang sangat dekat dengan Toyota India, pabrikan mobil asal Jepang itu ingin menghadirkan kendaraan yang lebih ramah lingkungan, sesuai dengan kebijakan pemerintah di Negeri Hindustan.

“Mesin diesel di Innova model baru sangat tidak mungkin. Toyota akan memasang mesin yang lebih irit dan ramah lingkungan,” ujar pria yang tidak disebutkan identitasnya itu.

Melihat fakta tersebut, kata dia, besar kemungkinan Toyota akan menyematkan mesin hybrid di mobil yang masuk dalam keluarga Kijang tersebut. Hal itu masuk akal, karena saat ini Toyota sedang gencar mengembangkan sistem hybrid mereka.

Toyota bukan satu-satunya produsen mobil yang ingin mengurangi pemakaian mesin diesel. Beberapa pabrikan asal India lain, seperti Mahindra dan Tata juga melakukan hal yang sama. (ann)