Suzuki Siapkan SUV Termurah di Dunia, Hanya Rp79 Juta

Suzuki S-Presso
Sumber :
  • Motoroids

VIVA – Mobil multi purpose vehicle banyak disukai oleh masyarakat di Asia, terutama mereka yang tinggal di Indonesia dan India. Berbeda dengan sebagian besar negara lain, yang lebih memilih membeli sport utiltiy vehicle.

Namun, pasar kendaraan di Tanah Air tampak mulai bergeser ke model gagah tersebut. Hal itu bisa dilihat, dari banyaknya SUV yang dipamerkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019.

Begitu juga dengan di India. Beberapa produsen mobil kenamaan asal Negeri Hindustan, mulai aktif menghadirkan SUV sebagai lini andalan. Termasuk juga, produsen mobil asal Jepang, Suzuki.

Dilansir dari Motoroids, Kamis 15 Agustus 2019, Maruti Suzuki sebagai agen pemegang merek di negara tersebut, bahkan berencana menjual SUV paling murah se-dunia. Mobil itu diberi nama S-Presso.

Saat ini, statusnya sedang diuji di jalan. Dari bocoran foto yang beredar di dunia maya, tampak ukurannya tidak jauh berbeda dari kendaraan yang masuk dalam segmen mobil murah.

Tidak seperti Ignis yang lebih menyerupai hatchback, S-Presso didesain dengan konsep jarak ke tanah tinggi. Hal itu menjadi ciri khas mobil-mobil SUV, agar bisa digunakan melintasi medan selain aspal.

Bagian depan S-Presso cenderung kotak, dengan grille berwujud tegak. Begitu pula dengan sisi belakangnya, nyaris lurus dari atas hingga bawah.

Maruti Suzuki menggunakan komponen berdesain sederhana pada mobil tersebut, mulai dari tuas pembuka pintu hingga lampu sein yang dipasang di atas rumah roda.

Soal penggerak, S-Presso menggunakan mesin empat silinder berkapasitas 1.200cc. Tenaga yang dihasilkan mencapai 83 daya kuda, dan torsi 113 Newton meter. Harga yang ditawarkan, berkisar di angka 400 ribu Rupee, atau setara Rp79 juta.