Keren, Ada Bus Listrik di Area Upacara 17 Agustus-an Bakrie Group

Bus listrik kelompok usaha Bakrie
Sumber :
  • dok. Bakrie Group

VIVA – Ada yang unik dan berbeda saat kegiatan upacara 17 Agustus 2019 Kelompok Usaha Bakrie. Kali ini, ada bus listrik yang berkeliling di tempat upacara peringatan Kemerdekaan RI ke-74,  di Stadion Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta.

Bus tersebut merupakan hasil kerja sama Bakrie Autoparts dengan perusahaan otomotif China, BYD. Transportasi massal ramah lingkungan itu disediakan oleh panitia untuk bisa dicoba langsung oleh peserta upacara HUT RI tahun ini.

Adanya bus ramah lingkungan tersebut menggugah rasa penasaran peserta upacara kelompok usaha Bakrie. Ir. H. Aburizal Bakrie serta beberapa petinggi Kelompok Usaha Bakrie ikut menjajal bus tersebut. Melihat antusiasme yang tinggi, para peserta upacara diizinkan naik dan merasakan berada di dalam bus secara gratis.

 Ir. H. Aburizal Bakrie menaiki Bus Listrik. Foto: VIVAnews/Eko Priliawito

Bus listrik ini menjadi dukungan kelompok usaha Bakrie untuk menyambut era kendaraan listrik di Tanah Air. kesepakatan kerja sama dalam bisnis bus listrik ini dimulai sejak April 2018 lalu.

Sebelumnya, Chief Executive Officer PT Bakrie Autoparts, Dino A Ryandi mengatakan, bus listrik itu tidak membutuhkan infrastruktur spesial, terutama untuk mengisi baterainya.

“Bus listrik kami tidak membutuhkan infrastruktur khusus. Cas sistem bus listrik kami dapat memakai sumber daya dari PLN untuk industri atau komersial yang umum, yakni 380 volt tiga fase,” ujarnya.

Nantinya, kelompok usaha Bakrie memiliki empat tahap dalam pengembangan bus listrik di Indonesia. Salah satu perusahaan yang berniat menggunakannya adalah PT Transportasi Jakarta atau TransJakarta. Pada tahap awal, ada dua model yang akan diuji coba.