Misteri Mobil Dinas Baru Menteri Jokowi

Mobil Dinas Baru Untuk Menteri
Sumber :
  • ANTARA/Widodo S. Jusuf

VIVA – Mobil dinas merupakan fasilitas saat seseorang dipilih presiden sebagai menteri. Di kabinet baru nanti, ternyata sedang disiapkan kendaraan baru untuk menemani para menteri bertugas.

Adanya mobil baru untuk jajaran menteri tersebut, diketahui melalui dokumen Layanan Pengadaan Sistem Elektronik untuk kendaraan menteri negara, dilansir Kamis, 22 Agustus 2019.

Dari puluhan peserta yang mendaftar, hanya ada empat dinyatakan layak untuk penyediaan mobil dinas itu. Empat perusahaan yang lolos, bergerak dalam bidang penjualan mobil. Salah satunya PT Astra International TBK. 

Menanggapi informasi tersebut, Head of Corporate Communication PT Astra International TBK, Boy Kelana Soebroto mengatakan, pihaknya enggan berkomentar lebih jauh mengenai adanya pengumuman hasil lelang pengadaan mobil baru untuk Menteri. Pihaknya hanya bisa menginformasikan sebatas pada pengumuman lelang.

Baca juga: Berbanderol Rp200 jutaan, seberapa laris mobil Glory 560?

"Dalam menjalankan bisnis, Astra selalu mengikuti aturan dan proses yang berlaku," ujarnya, Kamis 22 Agustus 2019.

Sementara itu, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmi Suwandi saat dihubungi VIVA.co.id juga enggan berkomentar soal pengadaan mobil para pembantu Presiden Jokowi. Dia mengatakan, informasi mengenai mobil baru untuk menteri bisa ditanyakan ke Pemerintah.

“Soal ini kami enggak bisa komentar. Sebaiknya konfirmasi ke instansi pemerintah terkait,” ucapnya.

Pada dokumen, tertera bahwa total nilai kendaraan yang dibutuhkan mencapai Rp152 miliar. Namun, tidak diketahui secara detail, jenis dari kendaraan baru untuk kabinet Jokowi.