Gegara Pangeran Inggris, Dunia Mengenal Mobil SUV

Range Rover pertama besutan 1969.
Sumber :
  • www.dailymail.co.uk

VIVA – Salah satu jenis kendaraan yang mudah diidentifikasi adalah sport utility vehicle atau SUV. Biasanya, mobil ini memilih tampilan maskulin dengan jarak pijak dari tanah lebih tinggi dibandingkan mobil keluarga ataupun sedan.

Pengamat otomotif Bebin Djuana mengatakan, dari awal adanya mobil hingga tahun 1980-an belum banyak dikenal mobil jenis SUV. Masyarakat hanya tahu dua jenis kendaraan roda empat untuk menemani aktifitasnya, yakni sedan dan jip.

"Sedan dipakai orang-orang di kota, jalanannya harus ada aspal. Lalu saat mereka tidak punya aspal, jalanan rusak, atau mau bertualang di hutan, dipakai lah mobil jip," ujarnya di Jakarta, Jumat 23 Agustus 2019.

Awal mula dikenalnya mobil ganteng itu, kata Bebin, ditandai dengan kehadiran mobil baru dari merek otomotif Land Rover, yakni Range Rover. Mobil tersebut menjadi tren SUV di dunia. Sebab desainnya tidak kaku seperti jip, nyaman, namun tetap bisa dipakai di jalan aspal maupun masuk ke hutan.

Baca juga: Hyundai siapkan mobil listrik, begini bocoran wujudnya

"Saat Land Rover menciptakan Range Rover, ini jadi awal tren mobil SUV di dunia. Soalnya, ketika pangeran Inggris harus pakai Land Rover, bantingannya sangat keras, kurang nyaman, maka dibuat mobil itu," ucapnya.

Bebin mengatakan, SUV dikenal di Indonesia pada pertengahan tahun 1990-an. Meski demikian, pesona SUV belum bisa mengganti selera masyarkat yang unik. Orang Indonesia, kata Dia, hobi bepergian bersama-sama. Sehingga, mobil ini kalah pamor dengan multi purpose vehicle atau lebih dikenal sebagai mobil keluarga.

Namun, saat bepergian menggunakan mobil MPV, masyarakat menemukan kendala seperti bertemu jalanan rusak dan rintangan lain. Sehingga, kini banyak orang yang mulai menyadari bahwa SUV adalah pilihan kendaraan yang menarik.

"Kalau lihat tren, memang saat ini mobil SUV akan terus berkembang. Coba lihat grafik penjualan, kelihatan kan market mobil ini membesar," ucapnya.