Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Jumat, 23 Agustus 2019 | 15:46 WIB

Mantan Pejabat Negara Juga Dapat Jatah Mobil Baru Loh

Team VIVA »
Yunisa Herawati
Foto :
  • Toyota
Interior Toyota Crown baru

VIVA – Kementerian Sekretariat Negara menyiapkan mobil dinas baru untuk para pejabat negara. Berdasarkan keterangan resmi Kemensetneg, dilansir Jumat 23 Agustus 2019, kendaraan itu akan dipakai oleh Presiden Jokowi dan pejabat negara lainnya.

Khusus untuk menteri, model yang dipilih adalah Toyota Crown 2.5 HV G-Executive, yang dibekali  dengan mesin Hybrid. Mobil ini didatangkan, untuk menggantikan Toyota Crown Royal Saloon, yang diklaim sudah tidak lagi layak untuk dipakai sehari-hari.

Baca Juga

“Kendaraan dinas Kepresidanan dan para menteri, mayoritas telah berusia lebih dari 10 tahun. Sebagian besar saat ini kondisinya sering mengalami kerusakan dan tidak efisien, serta tidak layak untuk dipergunakan bagi pejabat negara,” ujar Asisten Deputi Humas Kemensetneg, Eddy Cahyono Sugiarto.

Sesuai dengan anggaran yang tersedia, pada 2019 Kemensetneg mengadakan kendaraan keras VVIP Kepresidenan sebanyak dua unit, dengan sistem penunjukan langsung. Hal itu dilakukan, karena menyangkut keamanan presiden dan wakil.

Terpopuler

Baca Juga: Jokowi Bakal Pakai Mobil Dinas Bau

Sementara, pengadaan kendaraan untuk menteri dilakukan dengan cara lelang. Nominalnya mencapai Rp147 miliar, dan disediakan oleh PT Astra International Toyota Sales Operation.

"Alokasi anggaran pengadaan kendaraan tersebut berjumlah 101 unit, sebagaimana yang tercantum dalam Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran 2019 Kemensetneg," tuturnya.

Selain menteri, ada sejumlah pejabat negara lain yang juga memperoleh mobil dinas baru. Mulai dari pejabat setingkat menteri, ketua dan wakil ketua MPR, DPR, hingga DPD. Bahkan, Kemensetneg juga sedang mempersiapkan kendaraan dinas baru bagi mantan presiden dan mantan wakil presiden. (kwo)

Topik Terkait
Saksikan Juga
Kebakaran Hutan, Jokowi Tegur Kepala Daerah di Riau
TVONE NEWS - 19 jam lalu