Kata Mercedes-Benz Indonesia Soal Spesifikasi Mobil Dinas Baru Jokowi

Mobil kepresidenan dikawal Paspampres.
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVA – Mercedes-Benz S600 Guard kembali menjadi pilihan untuk kendaraan mobil dinas baru Jokowi. Informasi tersebut diketahui dari Kementerian Sekretaris Negara yang melakukan pengadaan kendaraan VVIP Kepresidenan.

Mobil mewah antipeluru tersebut, bakal menggantikan mobil dinas lama yang dipakai oleh Presiden Jokowi saat ini. Sebab, kendaraan yang dipakai saat ini sudah mulai usang.

Bahkan, Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartonon mengatakan, kerusakan sudah terjadi di berbagai komponen, termasuk pada sistem elektroniknya. Itu sebabnya, dibutuhkan mobil dinas yang baru.

Power window-nya enggak jalan, elektriknya enggak jalan. Pernah, semua sound system di dalam mobil bunyi. Radio semua bunyi, kan enggak nyaman," tuturnya.

Baca juga: Jokowi butuh lebih dari 8 mobil anti peluru

Informasi mengenai spesifikasi Mercedes-Benz S600 Guard, yang bakal dipakaikan plat nomor RI1 dan RI2 itu jelas membuat penasaran. Sebab, mobil yang dibuat khusus itu diperkirakan memiliki banderol lebih dari Rp8 miliar.

Deputy Director Sales Operation & Product Management Mercedes Benz Distributor Indonesia, Karyanto Hardjosoemarto mengatakan, pihaknya tidak bisa memberikan informasi terkait spesifik mobil dinas baru Jokowi.

"Mohon maaf, untuk spesifikasi kami tidak memberikan pernyataan apa pun, bisa menghubungi pihak sekneg untuk perihal tersebut ya," ujarnya saat dihubungi VIVA.co.id, Jumat 23 Agustus 2019.

Menurut Karyanto, kemampuan Mercedes Benz S600 Guard untuk menemani perjalanan pemimpin negara, sudah cukup populer di negara lain. Bahkan, spesifikasinya bisa dibuat sesuai dengan kondisi dan kebutuhan negara pemesan.

"Mercedes-Benz S600 Guard ini memang umumnya adalah kendaraan VVIP. Maka, dengan alasan keamanan, spesifikasi detailnya tidak bisa dipublikasikan," ucapnya.