Banyak yang Jual Mobil Bekas Mirip Punya Jokowi

Mercedes-Benz S600 Guard bekas pakai
Sumber :
  • Reezocar

VIVA – Presiden Jokowi akan mendapat jatah mobil dinas baru. Hal itu diungkapkan oleh Asisten Deputi Kementerian Sekretariat Negara, Eddy Cahyono Sugiarto.

“Sesuai dengan anggaran yang tersedia, pada 2019 Kemensetneg mengadakan kendaraan VVIP Kepresidenan sebanyak dua unit, melalui Sistem Penunjukan Langsung. Mengingat, diperuntukkan bagi pengamanan presiden dan wakil presiden,” tuturnya belum lama ini.

Sebagai informasi, mobil presiden yang bakal digunakan nanti tak berubah dari sebelumnya yaitu Mercedes-Benz S600 Guard. Pengadaan kendaraan dinas baru yang ditaksir harganya lebih dari Rp8 miliar itu, disebut karena kerap mengalami kendala seperti rusaknya sistem elektronik.

Power window-nya enggak jalan, elektriknya enggak jalan. Pernah, semua sound system di dalam mobil bunyi. Radio semua bunyi, kan enggak nyaman," kata Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono.

Baca juga: Gak Mau Kalah dari Honda, Suzuki Bikin Skuter Adventure Harga Murah

Berdasarkan penelusuran VIVA.co.id di laman Reezocar, Senin 26 Agustus 2019, ada beberapa Mercedes tipe S600 yang ditawarkan dalam kondisi bekas pakai. Semuanya sudah dibekali dengan fitur antipeluru, sama seperti milik Jokowi.

Harga yang ditawarkan juga menggoda. Contohnya, S600 Guard buatan 2008 ditawarkan dengan harga 70 ribu Euro, atau sekitar Rp1,1 miliar. Mobil tersebut sudah menempuh jarak 32 ribu kilometer, dan kondisinya disebut layak pakai.

Untuk yang buatan 2013, banderolnya dalam kondisi bekas 77 ribu Euro atau Rp1,2 miliar. Tapi, mobil tersebut sudah menempuh jarak 99 ribu kilometer.

Ada juga S600 Guard keluaran 2015, yang sudah dilengkapi dengan fitur antipeluru level 9. Harga yang diminta oleh pemilik cukup mahal, yakni 255 ribu Euro atau kurang lebih Rp4 miliar.