Kalimantan Timur Sudah Lama Jadi Incaran Perusahaan Otomotif

Diler mobil Toyota
Sumber :
  • VIVA/Pius Mali

VIVA – Kalimantan Timur dipilih sebagai ibu kota baru Republik Indonesia. Lokasi ibu kota baru terletak di antara Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara. Keputusan ini diumumkan pada Senin, 26 Agustus 2019 oleh Presiden Joko Widodo.

Sebelum dipilih Jokowi sebagai lokasi baru, Kalimantan Timur ternyata sudah dibidik agen pemegang merek (APM) mobil sebagai lokasi pelebaran bisnis dan pelayanan untuk konsumennya. Menggandeng perusahaan otomotif lokal, APM mendirikan bengkel resmi untuk melayani penjualan, servis dan ketersediaan sukucadang. 

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy mengatakan, Toyota sudah memiliki delapan outlet di Kalimantan Timur. Bahkan dua di antaranya berlokasi di Kabupaten Kutai Timur dan Kutai Kartanegara.

"Tapi kami masih pelajari dampak-dampaknya dari keputusan pemindahan ibu kota negara. Untuk outlet, kami sudah ada sampai di tingkat kabupaten," ujarnya saat dihubungi VIVA.co.id, Senin 26 Agustus 2019.

Baca juga: Ibu kota pindah, bakal pengaruhi sektor otomotif Tanah Air?

Selain Toyota, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia juga menyiapkan layanan resmi berupa ruang pamer mobil baru, bengkel servis dan suku cadang. Outlet resmi pabrikan berlogo Tiga Berlian itu diketahui berada di Balikpapan dan Tenggarong.

Tak cukup sampai di situ, bengkel resmi Mitsubishi di Balikpapan bahkan sudah dilengkapi fasilitas perbaikan bodi dan cat. Sehingga, konsumen tidak perlu khawatir untuk perawatan kendaraan yang sudah dibelinya.

Tak mau kalah dengan merek otomotif Jepang, merek otomotif Tiongkok juga sudah memiliki outlet di Kalimantan Timur.  Dari website resmi Wuling Motors Indonesia diketahui ada dua outlet, yakni di Balikpapan dan Samarinda.