Mobil Keluarga Wuling Salip Penjualan Dua Merek Jepang

Wuling Confero S.
Sumber :
  • VIVA/Pius Mali

VIVA – Mobil keluarga yang masuk dalam segmen multi purpose vehicle, masih menjadi primadona masyarakat Indonesia. Terbukti, setiap bulan diler banyak menyetok mobil jenis itu.

Dilansir dari data Gabungan Industri Kendaraan Indonesia atau Gaikindo, Selasa 27 Agustus 2019, MPV yang masuk dalam kasta terendah paling laku di Juli 2019 yakni Toyota Avanza. Angka distribusi dari pabrik ke dilernya mencapai 7.848 unit.

Di posisi dua, ada Mitsubishi Xpander. MPV yang mengusung bentuk gagah itu pada tahun lalu sempat bersaing ketat dengan Avanza. Pada bulan ke-7 tahun ini, angka penjualannya 5.775 unit.

MPV kasta terendah andalan Suzuki, yakni Ertiga, menduduki posisi tiga, karena pengiriman unitnya dari pabrik ke diler sebanyak 2.095 unit. Disusul kemudian oleh Honda Mobilio, dengan angka 1.195 unit.

Baca juga: Presiden Jokowi langgar protokol demi mobil mewah

Pendatang baru asal China, yaitu Wuling, turut berpartisipasi di segmen ini. Mengandalkan model Confero, angka penjualannya memang tidak mencapai seribu unit, hanya 808 unit. Tapi, model ini sukses mengungguli dua merek lain asal Jepang, yakni Nissan dan Daihatsu.

Nissan yang mengisi pasar dengan Livina, hanya mendistribusikan mobil kembaran Xpander itu sebanyak 737 unit. Sementara, Daihatsu yang biasanya mengisi posisi empat besar, harus berada di posisi buncit, karena Xenia andalannya hanya laku 676 unit.

Sebagai informasi, penjualan kendaraan dari pabrik ke diler untuk semua model, pada Juli tahun ini mengalami peningkatan 49 persen dari bulan sebelumnya.