Suzuki Siapkan Ertiga Baru Berteknologi Hybrid

Suzuki Ertiga Sport di GIIAS 2019.
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA – Ertiga menjadi salah satu dari jajaran produk mobil keluarga yang dijual saat ini. Mobil dengan bangku tiga baris itu, dibekali jantung berupa mesin bensin berkapasitas 1.500cc dengan pilihan transmisi manual maupun otomatis, yang dikombinasikan penggerak roda depan.

Kini, SIS ternyata sedang menyiapkan all new Ertiga dengan teknologi smart hybrid. Produk masa depan itu, sempat dipajang oleh agen resmi merek otomotif Suzuki di acara pawai kendaraan mobil listrik, di Monas, Jakarta, akhir pekan lalu. 

Direktur Pemasaran Divisi Kendaraan Roda Empat SIS, Donny Saputra mengatakan, mobil tersebut merupakan produk uji coba yang dilakukan, untuk menyambut era kendaraan listrik di Tanah Air.

"Iya, itu  konsep, All new Ertiga SHVS atau Smart Hybrid Vehicle by Suzuki," ujarnya saat dikonfirmasi oleh VIVA.co.id, Selasa 3 September 2019.

Baca juga: Sudah tahu belum, ini beda Smart SIM dengan yang lawas

Donny masih menutup informasi lebih detail untuk mobil barunya. Dia hanya mengatakan, mobil Ertiga terbaru dengan bodi berwarna putih yang dipajang di Monas sedang dalam uji coba. Dia juga memastikan bahwa mobil tersebut berbeda dengan Ertiga Diesel hybrid.

Teknologi ini menggabungkan penggunaan mesin konvensional dengan ISG (integrated starter generator) yang menggunakan beterai lithium-ion. Teknologi SHVS diketahui pertama kali diperkenalkan pada tahun 2015 lalu, tepatnya di pameran otomotif Geneva Motor Show di Jerman.

"Kami sudah sempat bawa konsep teknologinya juga di pameran GIIAS. Nah, yang kemarin itu wujud mobilnya. Saat ini masih dalam proses development ya," ujarnya.