Bukan SUV, Ini Produk Wuling Paling Laku di Ibu Kota Baru

Logo Wuling
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA – Ibu Kota Negara Republik Indonesia sudah ditetapkan Presiden Joko Widodo akan dipindahkan, yakni dari Jakarta ke Kalimantan Timur. Wilayah yang dipilih menjadi ibu kota negara, ada di antara Kabupaten Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara.

Rencana pemindahan Ibu Kota disambut baik oleh agen pemegang merek (APM) mobil di Indonesia, salah satunya Wuling Motors. Senior Brand Manager Wuling Motors, Dian Asmahani mengatakan, saat ini pulau Kalimantan belum menjadi penopang penjualan mobil Wuling di Indonesia.

"Masih kecil ya (penjualan), dari Wuling Sendiri. Penjualan pertama itu di Pulau Jawa, lalu Sumatera, Sulawesi, baru Kalimantan itu keempat," ujarnya saat konferensi pers di Jakarta, Selasa 3 September 2019. 

Dengan pemindahan ibu kota, Dian meyakini, penjualan mobil bisa meningkat. Sebab, akan ada kebutuhan-kebutuhan kendaraan baru saat kota atau wilayah baru dikembangkan. 

Untuk menyambut rencana itu, kata Dian, pihaknya juga akan mengembangkan jaringan outlet yang melayani penjualan, servis, dan ketersediaan suku cadang mobil Wuling. 

"Sebenarnya kami sudah banyak diler, di kota besar sudah ada. Kami harapkan juga dengan adanya rencana pemindahan Ibu Kota, nanti diler sana juga bisa mengembangkan diri lagi," ucapnya.

Menariknya, untuk model Wuling yang paling laku di Kalimantan saat ini adalah mobil keluarga Confero S. Padahal, pulau tersebut identik dengan kendaraan jenis sport utility vehicle (SUV) maupun pikap kabin ganda. 

"Produk mana yang paling laku, banyak faktor sebenarnya. Yang bisa menjawab itu sales regional terkait. Tetapi memang produk itu bisa laku, sebenarnya tergantung costumer profile-nya di daerah tersebut. Lalu  kondisi lingkungannya seperti itu. Kurang lebih faktor itu," kata dia.