Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Rabu, 4 September 2019 | 07:47 WIB

Ada Tombol Unik di All New Toyota Yaris, Buat Apa Sih?

Team VIVA »
Yunisa Herawati
Foto :
  • Dok: TAM
All New Toyota Yaris

VIVA – Jika kamu memiliki All New Toyota Yaris tipe TRD Sportivo dengan transmisi otomatis jenis continuous variable transmission atau CVT, ada dua tombol unik yang letaknya berada di balik kemudi.

Dua tombol itu disebut dengan istilah paddle shift, yang befungsi memindahkan gigi transmisi secara manual. Meski persnelingnya otomatis, namun pengemudi tetap bisa mengatur perpindahan giginya. Hal itu dikatakan oleh Kepala Bengkel Toyota Auto2000 di Jakarta, Budi Setiyawan.

Baca Juga

"Kegunaannya, untuk memilih transmisi mobil secara manual di matik, sehingga dapat memindahkan transmisi mobil matik secara manual," ujarnya kepada VIVA.co.id beberapa waktu lalu.

Dia menjelaskan, paddle shift bisa digunakan saat transmisi otomatis tak memungkinkan untuk berakselerasi seperti yang diharapkan.

Terpopuler

Baca juga: Mengenal Sejarah Alas Roban yang Konon Angker

"Misalnya, mobil matik butuh waktu saat menyalip kendaraan lain, seolah-olah digas tidak ada tenaganya, ngempos dan lama naiknya. Nah, saat itu tepat memakai paddle shift, yang tadinya matik jadi manual, sehingga tenaga jadi disalurkan lebih baik," tuturnya.

Sebagai informasi, lingkar kemudi All New Yaris memiliki desain yang baru. Khusus untuk TRD Sportivo, tersedia dua tombol di sisi kiri dan kanannya. Tombol pada sisi kiri untuk mengatur sistem audio, sementara yang kanan difungsikan sebagai pengatur cruise control.

Saat ini, Toyota Yaris model baru itu dibanderol mulai dari Rp238,35 juta untuk varian paling bawah, sampai dengan Rp278,85 juta untuk tipe TRD Sportivo dengan transmisi otomatis CVT.?

Topik Terkait
Saksikan Juga
Fakta Mengejutkan Balapan Pakai Toyota Yaris Versi Pembalap
OTOMOTIF - 3 bulan lalu