Mobil-mobil Ramah Lingkungan Mejeng di Balai Kartini, Ada Apa?

Pameran mobil listrik Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Pius Y. Mali

VIVA – Pameran mobil-mobil listrik Indonesia Electric Motor Show atau IEMS 2019 resmi dibuka. Acara yang digelar oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi atau BPPT itu diadakan di Balai Kartini, Jakarta selama 2 hari, yakni Rabu 4 September 2019 sampai 5 September 2019.

Mobil-mobil listrik yang dipajang di pameran tersebut antara lain, Toyota C-HR Hybrid, mobil baterai listrik i-ROAD, Mitsubishi Outlander PHEV, Nissan Leaf, Wuling E100, serta DFSK Glory E3.

Kepala BPPT, Hammam Riza mengatakan, IEMS 2019 merupakan upaya BPPT dalam menyosialisasikan pentingnya kendaraan ramah lingkungan. Dengan pameran itu, diharapkan masyarakat lebih memahami dampak positif dari penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik (KBL).

"Acara ini diselenggarakan atas inisiatif BPPT untuk memperdalam pemahaman masyarakat Indonesia terhadap Kendaraan Bermotor Listrik (KBL) yang merupakan salah satu contoh disruptive technology terbaru," ujar Hammam dalam sambutan di Balai Kartini, Jakarta, Rabu 4 September 2019.

Hammam mengatakan, IEMS 2019 menjadi pembuka jalan bagi BPPT dalam mengoptimalisasikan kesiapan untuk memasuki era KBL. Dia berharap, Indonesia tidak hanya menjadi pasar bagi kendaraan ramah lingkungan saja, namun juga memperoleh manfaat di berbagai sektor, termasuk ekonomi.
 
"Tentunya dengan semangat dan antusiasme yang tinggi agar kita mendapat kesempatan memperoleh manfaat lebih dalam berbagai hal termasuk ekonomi, dan tidak hanya sekadar menjadi pasar saja," tuturnya.

Pameran kendaraan listrik tersebut, digelar selama 3 hari, yakni 4 dan 5 September 2019 di Balai Kartini Jakarta, serta puncaknya pada 7 September 2019 dengan konvoi kendaraan listrik dari Kantor BPPT Thamrin, Jakarta menuju Puspiptek Serpong, Tangerang Selatan.