All New Corolla Altis Hybrid Pakai Fitur Ala Pesawat Tempur

All New Toyota Corolla Altis Hybrid
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yunisa Herawati

VIVA – PT Toyota Astra Motor akhirnya memberi penyegaran pada sedan kelas menengah andalan mereka, Corolla. Mobil yang juga dikenal dengan nama Altis itu hadir dalam wujud serba baru.

All New Corolla Altis dibangun dengan menggunakan platform terbaru, yakni Toyota New Global Architecture atau TNGA. Yang spesial dari platform ini adalah, bisa digunakan untuk kendaraan ramah lingkungan berbasis mesin hybrid.

Untuk pertama kalinya, TAM menawarkan varian hybrid pada seri Corolla Altis, selain versi G dan V. Mesin yang digunakan sama-sama berkapasitas 1.800cc, namun tenaganya dibuat lebih kecil karena ada bantuan dari dinamo listrik.

Dengan konfigurasi tersebut, maka All New Corolla Altis Hybrid lebih efisien 70 persen ketimbang versi yang menggunakan mesin konvensional. Emisi gas buangnya juga 60 persen lebih bersih, dan lebih senyap 18 persen.

Bukan Toyota namanya , jika tidak menyematkan berbagai fitur canggih pada seri yang terjual jutaan unit di dunia itu. Selain sistem hiburan dengan layar delapan inci untuk versi Hybrid dan tujuh inci untuk seri biasa, TAM juga membekali beberapa fitur keselamatan terbaru.

Semua itu dikemas dalam paket Toyota Safety Sense, yang di dalamnya berisi pemantau blind spot, lane departure warning hingga cruise control dengan radar pemantau kondisi depan.

Namun, yang paling keren adalah adanya head up display pada dasbor sisi pengemudi. Berdasarkan keterangan resmi TAM, dilansir Jumat 13 September 2019, fitur yang umum dipasang pada pesawat tempur itu dapat menampilkan beberapa informasi dari panel instrumen.

Mulai dari kecepatan mobil, posisi tuas transmisi hingga kompas. Dengan HUD, mata pengemudi bisa tetap fokus memandang jalanan di depan, tidak perlu sering melirik ke panel instrumen untuk melihat informasi.