Toyota Permak Mobil Murah Calya, Apa yang Berubah?

New Toyota Calya
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yunisa Herawati

VIVA – Setelah pekan lalu menghadirkan model baru dari Corolla Altis, kini PT Toyota Astra Motor kembali membuka selubung mobil baru. Kendaraan yang dimaksud adalah New Calya.

Kendaraan berkapasitas tujuh penumpang itu masuk dalam seri multi purpose vehicle, yang ditawarkan dengan harga terjangkau. Calya juga ada di dalam segmen low cost green car atau LCGC.

General Manager PT Toyota Astra Motor, Fransiscus Soerjopranoto mengatakan, sisi eksterior terlihat segar, berkat penyematan lampu depan berteknologi LED, serta grille baru dengan sentuhan warna krom gelap.

Kaca spion luar kini bisa dilipat secara elektrik, dan mereka memasang pelek dengan desain yang berbeda. Bagian belakangnya dibuat berbeda dari versi sebelumnya, dengan cara menambahkan aksen krom gelap.

Baca juga: Bosan Kegerahan, Pria Ini Bikin AC untuk Helm

Masuk ke dalam kabin, akan terlihat warna gelap pada dasbor dan jok. Sistem hiburannya kini sudah dibekali dengan teknologi layar sentuh, dan tersedia tombol audio di setir.

Pengemudi kini tidak perlu lagi kesusahan melihat posisi tuas transmisi pada varian matik, karena TAM menyematkan lampu kecil sebagai panduan. Agar tidak mengundang kejahatan, pemilik laptop bisa menyimpan perangkat tersebut di laci yang berada di bawah jok kiri depan.

“TAM memperkenalkan Calya pada Juli 2016. Enam bulan setelahnya, pasar segmen ini menjadi empat kali lebih tinggi dibandingkan dengan tahun sebelumnya,” ujarnya di Jakarta, Senin 16 September 2019.