Bisa Gak Sigra Lama Diubah Jadi Versi Baru?

New Daihatsu Sigra
Sumber :
  • VIVA.co.id/Pius Mali

VIVA – Setelah tiga tahun memasarkan Sigra, PT Astra Daihatsu Motor akhirnya resmi meluncurkan versi barunya. Mobil segmen low cost green car tersebut memiliki beberapa penyegaran, sehingga wajahnya terlihat berbeda dari model sebelumnya.

Di bagian depan, terlihat Sigra menggunakan grille, bumper, serta lampu utama berteknologi LED. Di samping, terlihat model baru pada bagian pelek. Sementara bagian belakang, hanya didandani dengan menggunakan variasi di bagian pintu bagasi dan knalpotnya.

Lantas, bisakah Sigra model lama didandani agar terlihat model baru? Research and Development Executive Officer ADM, Pradipto Sugondo mengatakan, meski terkesan hanya perubahan ringan, namun model baru memiliki perbedaan dengan versi lama.

"Meski dari luar kelihatannya sama, tetapi banyak perubahaan di daerah bumper, terutama bagian dalamnya," ujarnya saat peluncuran di Serpong, Tangerang, Senin 16 September 2019.

Baca juga: Daftar Lengkap Tipe dan Harga New Toyota Calya 2019

Dengan wajah baru tersebut, kata Pradipto, Sigra baru memiliki ukuran lebih maju 40 milimeter di bagian depannya. Ukuran ini menyesuaikan dengan bentuk bumper dan grille barunya.

"Artinya, bracket di bagian dalam bumper ada perubahan, dan itu pemasangannya dilas. Jika dipaksa perubahananya, sudah tidak standar lagi sebagai buatan pabrik. Jadi kami tidak rekomendasi mengubah versi lama jadi baru," ujarnya.

New Sigra dijual dalam 10 varian, yakni 1.0 D transmisi manual, 1.0 M manual, 1.2 X manual dan transmisi otomatis, 1.2 X Deluxe manual dan otomatis, 1.2 R manual dan otomatis, serta 1.2 R Deluxe manual dan otomatis.