TNI AU Tertarik Beli Mobil SUV Esemka?

Mobil Esemka Garuda.
Sumber :
  • Facebook

VIVA – Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara baru saja menandatangani perjanjian pembelian mobil Esemka. Mobil tersebut berjenis pikap, dengan nama Esemka Bima dan memiliki kapasitas mesin 1.300cc.

Sebelumnya, proses peluncuran mobil telah lebih dulu dilakukan oleh Presiden Jokowi, di pabrik Esemka yang ada di Boyolali, Jawa Tengah belum lama ini. 

Dilansir dari laman resmi TNI AU, Rabu 25 September 2019, proses pembelian tidak langsung dilakukan oleh mereka, melainkan melalui Induk Koperasi Angkatan Udara atau Inkopau.

Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal TNI Yuyu Sutisna, mengatakan, TNI AU membutuhkan kendaraan dinas yang bisa dikerahkan sewaktu-waktu, dalam mendukung pergerakan di sekitar landasan.

“Nantinya, kendaraan akan dicat dengan warna kuning dan stripe hitam, sebagai ciri kendaraan yang dapat dioperasikan di sekitar landasan oleh Depohar 50,” ujarnya.

Untuk memperlancar proses pembelian, Kasau mendatangi pabrik Esemka di Boyolali. Selain meninjau pabrik, ia bersama rombongan juga menjajal kendaraan Esemka tipe Bima dan Garuda 1.

Sebagai informasi, Garuda 1 merupakan mobil sport utility vehicle yang pernah viral beberapa tahun lalu. Wujud mobil sempat tertangkap kamera, sedang dibawa oleh truk.

Sama seperti Bima, Garuda 1 juga disebut-sebut mirip dengan kendaraan buatan China, yakni Guangdong Foday Automobile Landfort, yang diluncurkan pada 2015. Mulai dari bagian belakang, sisi hingga sektor kaki-kaki.

Nama Garuda 1 juga sudah terdaftar di Nilai Jual Kendaraan Bermotor yang dikeluarkan oleh Kementerian Dalam Negeri. Nilainya Rp209 juta, dengan status belum termasuk bea balik nama atau off the road.