Wuling Bakal Ekspor Mobil Setir Kiri Buatan Cikarang

Wuling Motors mengekspor mobil Almaz dengan merek Chevrolet Captiva
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Wuling Motors hadir di pasar otomotif Indonesia sejak 2017. Dalam waktu 2 tahun ini, sudah ada empat produk yang diproduksi dan dijual untuk konsumen dalam negeri, yakni Confero, Cortez, Almaz, serta kendaraan niaga ringan Formo.
 
Selain dibeli oleh konsumen dalam negeri, produk yang dibuat di pabrik yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat itu juga berhasil menggoda konsumen di luar negeri. Buktinya, Wuling Motors sudah memulai melakukan ekspor model Almaz ke Thailand.

Presiden Direktur Wuling Motors, Xu Feiyun mengatakan, Indonesia akan menjadi basis untuk produksi mobil yang dijual secara domestik, maupun untuk dikirim ke luar negeri dalam bentuk jadi atau compeletely built up.

'Kami akan kirimkan 2.500 sampai 2.600 unit mobil ke Thailand sampai akhir tahun. Pengiriman sudah dimulai pada September ini," ujarnya di Jakarta, Kamis, 26 September 2019.

Baca juga: Wuling pastikan enggak jual mobil ini di Indonesia

Feiyun mengatakan, selain Almaz yang diekspor menjadi Chevrolet Captiva, merek asli Tiongkok ini, juga menargetkan bisa memasarkan model Confero dan Cortez ke luar negeri. Meski demikian, rencana tersebut masih dalam tahap kajian internal Wuling Motors.

"Kami berharap bisa ekspor model lain, dan saat ini masih dalam tahap persiapan, termasuk negara tujuan dan spesifikasinya," tuturnya.

Pada eskpor tahap awal, kata Feiyun, Wuling membidik negara-negara di wilayah Asia Tenggara. Namun, pihaknya juga menargetkan bisa mengekspor kendaraan ke negara-negara di Amerika Selatan dan Asia Timur, yang menggunakan setir kiri.

"Kami juga berusaha untuk bisa memiliki daya saing yang lebih baik. Sehingga untuk mobil setir kiri nanti, pasar yang dituju ke Amerika Latin dan Asia Timur, bisa tercapai ekspornya," ucapnya.