Suzuki Jimny Versi Baru Jadi 'Barang Langka' di Indonesia

Suzuki Jimny diajak melibas trek offroad di BSD, Tangerang
Sumber :
  • Viva.co.id/ Pius Mali

VIVA – Kehadiran Jimny memberi pekerjaan rumah baru bagi PT Suzuki Indomobil Sales, sebagai agen pemegang merek kendaraan Suzuki di Indonesia. Sebab, versi baru dari produk legendaris itu mampu menggoda penggemarnya. 

Tak tanggung-tanggung, pemesanan Jimny saat ini sudah mencapai 2.000an unit setelah peluncuran resminya. Meski demikian, SIS baru bisa memenuhi pesanan konsumen sebanyak, 50 unit setiap bulannya. Artinya, butuh waktu lama untuk mendapatkan mobil offroad mungil itu.

Direktur Pemasaran Kendaraan Roda Empat SIS, Donny Saputra mengatakan, tenggat waktu untuk memiliki Jimny baru bukan lagi dalam hitungan bulan, melainkan sudah mencapai tahunan, bahkan bisa masuk hitungan lebih dari 2 tahun untuk mendapatkan unitnya. 

"Kondisinya, pemesanan Jimny sudah sangat banyak, bahkan di beberapa daerah indennya sudah ada yang  hitungan dua tahun lebih, bahkan ada yang tiga sampai empat tahun," ujarnya di Jakarta, Selasa 1 Oktober 2019.

Baca juga: Jangan teruskan isi bensin, saat nosel berbunyi klik

Untuk mengakali panjangnya waktu tunggu itu, Donny mengatakan, SIS meminta diler-diler resmi untuk menutup sementara keran pemesanan Jimny. Hal tersebut, terpaksa dilakukan untuk bisa meratakan pengiriman unit ke berbagai diler di seluruh wilayah Indonesia.

"Nanti kami review dulu pada Mei 2020. Harapannya, bisa suplai semua dan improve pengirimannya, wilayah mana yang kurang dan pemerataan unit. Nanti kami biacarakan dengan tim operasional diler," tuturnya.

Dari website resmi Suzuki Indonesia, diketahui saat ini Jimny baru ditawarkan dalam empat pilihan varian, yakni  Single Tone Manual Rp335,5 juta, Single Tone Automatic Rp348 juta, Two Tone Manual Rp337,5 juta, dan Two Tone Automatic Rp350 juta.