Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Senin, 21 Oktober 2019 | 10:21 WIB

Terungkap Satu Rahasia Mobil Presiden dan Pejabat RI

Team VIVA »
Pius Yosep Mali
Foto :
  • Youtube Sekretariat Presiden
Mobil Presiden Mercedes-Benz S600 Pullman Guard

VIVA – Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin resmi menjadi pemimpin Indonesia periode 2019-2024. Pelantikan sudah dilakukan pada Minggu 20 Oktober 2019 di DPR/MPR RI, di kawasan Senayan, Jakarta.

Dalam upacara pelantikan tersebut, Jokowi dan Ma'ruf, pejabat, serta para tamu negara lainnya terlihat menggunakan mobil-mobil mewah. Kendaraan yang dipakai antara lain, Mercedes-Benz, Toyota  Alphard, Camry, dan Fortuner. Menariknya, kendaraan-kendaraan tersebut nyaris memiliki satu warna yang sama, yakni hitam. 

Baca Juga

Pengamat otomotif Bebin Djuana mengatakan, penggunaan warna hitam untuk mobil-mobil dinas pemimpin negara, maupun para menteri memang sudah lama diterapkan di Indonesia. Sebab, warna ini melambangkan hal yang elegan dan formal, namun tetap berwibawa.

"Warna hitam itu kesannya formal, namun elegan dan tetap berwibawa. Jadi, mobil presiden atau pejabat biasanya warna ini. Tetapi citra itu muncul kalau dimensi bodinya besar, mobil kecil warna hitam rasanya kurang cocok," ujarnya kepada VIVA.co.id, Senin 21 Oktober 2019.

Terpopuler

Baca juga: Honda luncurkan Freed baru pekan ini

Sementara itu, mengutip dari TopGear, hitam dalam ilmu psikologi warna dan wakna, melambangkan kekuatan, keanggunan, sesuatu yang formal dan berkualitas. Tak heran, banyak diaplikasikan untuk warna kendaraan presiden maupun pejabat, salah satu contohnya di Amerika Serikat.

Penggunaan kelir hitam pada eksterior mobil menjadi cara terbaik, untuk membedakan mobil Presiden dan pejabat dengan kendaraan pemerintah lainnya, seperti mobil dinas polisi dan militer, truk pemadam kebakaran, serta kendaraan lainnya di jalan raya.

Pelapisan bodi mobil dengan warna hitam, sudah dikenal sejak tahun  1886. Enamel hitam adalah satu-satunya cat yang memiliki waktu pengeringan lebih cepat dibandingkan warna lainnya saat itu. Selain itu, bodi mobil hitam juga dianggap tidak mudah pudar warnanya saat sering terpapar sinar matahari.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Mobil Presiden Mogok, Jokowi: Sudah Lebih dari 10 Kali
TVONE NEWS - 2 bulan lalu