Indonesia Jadi Penentu Kehadiran Mobil Baru Daihatsu

Daihatsu Rocky di Tokyo Motor Show 2019
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yunisa Herawati

VIVA – Pada ajang Tokyo Motor Show 2019 yang resmi dibuka untuk umum di Jepang pada hari ini, Kamis 24 Oktober 2019, Daihatsu memajang empat kendaraan konsep. Nantinya, model tersebut akan diwujudkan dalam bentuk produksi massal.

Namun, sebelum melakukan hal itu, mereka terlebih dahulu meminta masukan dari masyarakat Indonesia. Hal itu diungkapkan langsung, oleh Presiden Direktur Daihatsu Motor Corporation, Soichiro Okudaira, saat ditemui di TMS 2019.

Menurut Soichiro, masukan dari konsumen adalah kunci, apakah model tersebut bakal diminati oleh pasar atau tidak. Selain itu, tanggapan dari konsumen juga dibutuhkan untuk menentukan, jenis apa yang bakal dihadirkan.

“Empat mobil ini masih konsep, kami lihat reaksi pasar dahulu. Kami pilih, nilai yang tinggi yang mana. Kami studi, pasar mana yang cocok. Kami dengar suara-suara dari pasar,” ujarnya di Tokyo, Rabu 23 Oktober 2019.

Lebih jauh Soichiro menjelaskan, tidak tertutup kemungkinan model yang akan dipasarkan di Tanah Air jumlahnya lebih dari satu. Semuanya tergantung, dari jenis apa yang disukai dan dibutuhkan oleh konsumen.

“Kami tidak melihat satu jenis saja, tapi melihat semuanya. Empat model ini semua punya kemungkinan masuk ke pasar Indonesia juga,” tuturnya.

Selain mobil konsep, ada satu model Daihatsu yang statusnya akan segera masuk produksi secara massal. Unit dalam wujud produksi sudah dipajang di TMS 2019, dan diberi nama Daihatsu Rocky.

Mesinnya memiliki spesifikasi tiga silinder berkapasitas 1.000cc, dan disandingkan dengan transmisi otomatis jenis CVT. Tenaga yang dihasilkan cukup besar, berkat adanya turbocharger.

Saat dikonfirmasi, Soichiro mengatakan bahwa Rocky akan dipasarkan secara global. Artinya, besar kemungkinan mobil tersebut bakal masuk juga ke Indonesia.

“Studinya sudah dilakukan. Di sini ada Bu Amel (Direktur Pemasaran ADM, Amelia Tjandra), ini salah satu yang studi juga. Kami berusaha masuk ke pasar Indonesia secepat mungkin,” ungkapnya.