Begini Cara Daihatsu Jepang Manjakan Konsumen, Beda dengan Indonesia

Acara Daihatsu Love-Local di Jepang
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yunisa Herawati

VIVA – Salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan penjualan produk otomotif di Indonesia, yakni dengan memberikan promo menarik ke konsumen. Baik dalam bentuk potongan harga, atau cicilan dengan nominal yang rendah.

Namun, hal itu rupanya tidak berlaku di Jepang. Para produsen kendaraan punya cara lain, agar produk mereka diminati oleh konsumen. Salah satunya, seperti yang dilakukan oleh Daihatsu Motor Company.

Saat mengikuti tur ke Tokyo Motor Show 2019, VIVA.co.id pada hari terakhir, Minggu 27 Oktober 2019 diajak untuk melihat langsung, bagaimana Daihatsu memanjakan konsumen mereka.

Bertempat di Kota Chimyoko-Kawanishi, Daihatsu menyelenggarakan acara Love-Local, yakni kegiatan seni kerajinan dan budaya setempat. Cara ini ditempuh, karena masyarakat Jepang sangat mencintai budaya lokal daerah mereka.

Saat masuk ke area, rombongan yang dibawa oleh PT Astra Daihatsu Motor disambut pajangan Daihatsu Awake dan Tanto, dua kei-car Daihatsu yang cukup laris di Jepang.

Banyak kegiatan yang bisa diikuti, mulai dari membuat hiasan rumah berbahan arang, mencetak pola seni di kayu menggunakan metode burning wood, serta meracik kerajinan dari bunga Dahlia yang diberi nama Kurukawa Dahlia Herbarium.

Perut para pengunjung juga tidak dilupakan. Ada banyak jajanan menarik dan tentunya lezat, seperti kopi yang dipanggang dengan bahan bakar alami Kikusumi, kentang panggang, Amago Salmon Fish, serta nasi kari yang dimasak ala Kikusumi. Buat camilan, tersedia Hokusetsu, penganan manis berbahan kacang kastanya.

Bukan Daihatsu tentunya, jika tidak menyuguhkan kegiatan bertema otomotif. Para pengunjung aktivitas lokal itu juga bisa mencoba langsung kecanggihan teknologi Smart Assist, mulai dari Auto Braking, hingga Smart Panorama Auto Parking.

“Daihatsu ikut berpartisipasi aktif menjaga kelestarian seni budaya lokal. Melalui acara Love-Local, diharapkan mampu mendekatkan Daihatsu dengan konsumen, sekaligus memperkenalkan konsep teknologi Daihatsu yang ramah lingkungan dan mengutamakan keselamatan”, ujar manajemen DMC, Sakakibara.