Daihatsu Tunda Pengembangan Mobil Keluarga Baru

Mobil konsep Daihatsu Hy-Fun
Sumber :
  • VIVA/Septian Farhan

VIVA – PT Astra Daihatsu Motor memajang mobil konsep bernama Hy-Fun, di pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2019. Mobil tersebut dirancang sebagai kendaraan masa depan, untuk keluarga Indonesia.

Hy-Fun memiliki tampilan eksterior dan interior futuristis, yang berbeda dengan mobil-mobil Daihatsu saat ini. Meski demikian, fitur yang dipasang tetap sesuai dengan kebutuhan konsumen.

“Direktur Pemasaran ADM, Amelia Tjandra mengatakan, Hy-Fun tidak dirancang untuk menggantikan Xenia, meski keduanya memakai desain yang serupa, yakni multi purpose vehicle atau MPV.

"Bukan, ini suatu mobil yang baru. Enggak bisa disebut generasi penerus Xenia, karena ini mobil konsep," ujarnya beberapa waktu lalu.

Hy-Fun dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan kaum millenial. Hal itu ditunjukkan, dari hadirnya peranti pengenal wajah pada pintu dan virtual reality di setiap kursi.

Sayangnya, hingga saat ini ADM mengaku belum berencana mengembangkan mobil tersebut agar bisa masuk ke tahap purwarupa.

“Pada saat ini, masih belum ada rencana untuk menaikkan Hy-Fun ke versi prototipe. Kami buat ini MPV untuk anak muda. Tapi melihat dari hasil survei, masih belum kelihatan matching dengan anak muda,” tuturnya di Osaka, Jepang.

Selain itu, Hy-Fun digerakkan dengan teknologi hybrid, yang saat ini aturannya di Indonesia masih baru sekali. ADM mengaku, akan menunggu terlebih dulu hingga aturan tersebut benar-benar matang dan jelas.

“Kami mau tahu regulasinya dahulu. Itu belum ada Peraturan Menteri-nya, coba cek deh. Kami lihat dulu perinciannya, baru akan kami kalkulasi,” jelasnya.