Pakai Fitur Canggih, Daihatsu Jamin Harga Mobil Tetap Terjangkau

Daihatsu Tanto
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yunisa Herawati

VIVA – Saat menghadiri pameran Tokyo Motor Show 2019 di Jepang, VIVA.co.id diajak untuk mengenal lebih jauh kecanggihan fitur Smart Assist yang ditawarkan oleh Daihatsu. Saat ini, perangkat tersebut sudah terpasang di semua Daihatsu Tanto yang dijual di negara itu.

Smart Assist terdiri dari beberapa fitur, ada yang berguna untuk membantu pengemudi, dan ada juga yang difungsikan sebagai pencegah terjadinya kecelakaan.

Pada Tanto yang dibekali dengan Smart Assist generasi tiga, sistem keamanan dan keselamatan yang disematkan lebih lengkap. Fitur baru ini mampu membantu mencegah benturan, dengan mengaktifkan pengereman darurat secara otomatis.

Tanto juga dipasangi teknologi lane keeping control system, yang akan memberi peringatan kepada pengemudi saat mobil berpindah jalur mendadak dan tidak disengaja, serta mengembalikan posisi lingkar ke posisi semula secara otomatis.

Baca Juga: Selera Mobil Orang Jepang Beda dengan Indonesia

Lampu utama sudah mengadopsi adaptive high-beam, yang mampu menyesuaikan arah sinar lampu dengan kondisi jalan, serta tidak membuat silau pengendara dari arah berlawanan.

Head, Demand and Supply Section Sales Planning Department Domestic Marketing Division PT Astra Daihatsu Motor, Ryo Kawasaki menjelaskan, fitur itu sudah biasa dipasang di mobil kelas mewah. Namun, Daihatsu berhasil membuatnya dengan harga yang cukup terjangkau.

“Fitur Smart Assist itu disematkan di Daihatsu Tanto. Smart Assist ini biasa diterapkan di mobil-mobil mewah, sekarang Daihatsu memasangnya di Tanto yang dijual di Jepang,” ujarnya belum lama ini.

Direktur Pemasaran ADM, Amelia Tjandra menambahkan, cara yang bisa mereka lakukan agar penyematan Smart Assist tidak membuat harga jual melonjak tinggi, adalah dengan memilah fitur yang disediakan.

“Kalau fiturnya enggak banyak, mestinya lebih murah. Kalau bikin sesuatu, itu ada biaya dasarnya, ada awalnya. Nanti, tambahannya dihitung. Walaupun tambahan ini enggak kami pilih semua, tapi ada biaya dasar yang haruskai bikin dulu,” tuturnya di Jepang.