Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Selasa, 29 Oktober 2019 | 19:35 WIB

Mewah dan Canggihnya Mobil Dinas Menteri Nadiem dan Wishnutama

Team VIVA »
Pius Yosep Mali
Foto :
  • VIVA.co.id/Pius Mali
Sedan mewah Toyota Crown Hybrid untuk Menteri

VIVA – Presiden Joko Widodo sudah menetapkan jajaran menteri dalam Kabinet Indonesia Maju, untuk membantunya dalam periode lima tahun ke depan. Sejumlah menteri dalam kabinet baru Jokowi itu, bukan hanya politisi, ada yang berasal dari kalangan profesional.

Para menteri di Kabinet Indonesia Maju tersebut akan mendapatkan mobil dinas untuk menemani aktivitasnya. Kendaraan dinas yang dipakai berjenis sedan, yakni Toyota Crown 2.5 HV G-Executive Hybrid. Tak hanya mewah, mobil ini juga dibekali fitur canggih.

Baca Juga

Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto mengatakan, dipilihnya Crown Hybrid, diharapkan bisa mendorong penggunaan kendaraan ramah lingkungan, serta meyakinkan masyarakat atas percepatan pengembangan kendaraan elektrifikasi.

"Penghargaan sebesar-besarnya kepada pemerintah Indonesia yang telah mempercayai Toyota Crown 2.5 HV G-Executive Hybrid, sebagai mobil dinas Menteri dan pejabat tinggi negara setingkat Menteri untuk periode 2019-2024," ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa 29 Oktober 2019.

Terpopuler

Baca juga: Mengenang sejarah Corolla, mobil Toyota yang laku tiap 15 detik

Sedan mewah itu, merupakan generasi ke-15 dari keluarga  Crown. Model tersebut sudah diluncurkan di global pada tahun 2018 lalu, dan merupakan salah satu dari jajaran produk kendaraan ramah lingkungan dari merek otomotif Jepang tersebut.

Mengikuti jejak mobil baru Toyota lainnya, Crown 2.5 HV G-Executive Hybrid dibangun menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA). Sedan ini memiliki panjang 4.910 milimeter, lebar 1.550 mm, tinggi 1.455 mm, dan wheelbase 2.920 mm.

Didapuk sebagai sedan dengan kasta tertinggi Toyota, Crown Hybrid memiliki tampilan mewah. Bodinya dilabur cat hitam mengkilap, desain grille besar dan logo mahkota warna biru. Sebagai mobil menteri, mobil ini akan dipasangi tiang kecil di tengah bumper depan.

Para menteri juga akan tetap nyaman saat perjalanan, dengan dual touch panel monitor di tengah dasbor untuk menampilkan beragam informasi, termasuk kerja Hybrid Synergy Drive (HSD) II. Paket hiburannya antara lain, pemutar DVD, tv digital, bluetooth, dan wifi.

Sedan Crown 2.5 HV G-Executive Hybrid mengusung mesin berkapasitas 2.487cc yang menghasilkan tenaga maksimum 184ps dan torsi maksimum 221nm, serta electric motor bertenaga 143 PS dan torsi 300 Nm.

Sitem transmisinya Electronically Controlled CVT, sedangkan baterai memakai jenis Nickel-metal Hydride(Ni-MH). Sinergi motor listrik dan mesin bensin lewat kendali HSD II membuat mobil ini irit BBM. Menggunakan standar pengetesan JC08, konsumsi bensinnya sekitar 20,8 km/L.

"Sedan paripurna ini menyajikan kenyamanan penumpang sebagai poin utama, dengan paduan fitur kenyamanan lengkap serta advance safety feature guna memberikan rasa aman, tenang, dan nyaman di jalan," tutur Henry.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Test Drive Pertama TOYOTA SUPRA GR, Mobil Rp2M Bikin Ngiler!
OTOMOTIF - sekitar 1 bulan lalu