Daftar Mobil Toyota yang Pakai Platform TNGA, Ada Corolla Altis Baru

All New Toyota Corolla Altis
Sumber :
  • Dok: TAM

VIVA – Beberapa waktu lalu, PT Toyota Astra Motor resmi meluncurkan All New Corolla Altis. Mobil jenis sedan itu hadir dengan banyak fitur baru, dan menjadi generasi ke-12 dari tipe Corolla yang legendaris.

Desain luar All New Corolla Altis kini tampil lebih dinamis. Akses udara pada bumper depan dibuat lebar, menegaskan kesan sporty dari sedan tersebut. Ukuran lampu dibuat mengecil, sesuai dengan tren saat ini.

Bumper belakang dan lampu rem juga berbeda dari generasi sebelumnya. Kaki-kaki disematkan pelek 10 jari, dan dibalut ban dengan ukuran 17 inci. Letak mesin bisa dibuat lebih rendah 20 milimeter, sehingga kestabilannya meningkat.

All New Corolla Altis Hybrid dirancang menggunakan platform terbaru, yang diberi nama Toyota New Global Architecture atau TNGA. Hadir pertama kali sejak 2015, TNGA dirancang untuk memberikan pengalaman yang berbeda pada setiap konsumen.

TNGA dirancang agar bisa diaplikasikan pada banyak model Toyota, dengan konfirgurasi yang berbeda-beda. Platform canggih ini bisa dipakai untuk membuat mobil sedan, sport utility vehicle dan jenis lainnya. Penggeraknya juga tidak terbatas, bisa depan, belakang atau semua roda.

Dilansir dari laman resmi Toyota, Kamis 31 Oktober 2019, TNGA pertama kali diaplikasikan pada generasi baru Prius Hybrid Electric Vehicle, empat tahun lalu. Kemudian, menyusul Prius Plug-in HEV memakai platform tersebut.

Selain Prius PHEV, pada 2016 Toyota juga mengenalkan C-HR, mobil yang masuk dalam segmen crossover dan tersedia dalam varian Hybrid. Sama seperti sedan Prius, mobil ini juga memakai platform TNGA.

Generasi ke-12 Corolla diperkenalkan pada 2018, lalu satu tahun sesudahnya model All New Corolla Altis hadir di Indonesia dengan platform TNGA. Sama seperti C-HR, sedan Corolla Altis juga bisa dibeli dalam varian Hybrid.

Model Toyota yang paling baru dan menggunakan platform TNGA, yakni All New Toyota Yaris. Mobil tersebut pertama kali diperkenalkan di Tokyo Motor Show 2019, yang saat ini masih digelar di Jepang.