Punya Daihatsu Gran Max 1.5 atau Luxio? Yuk Bawa ke Bengkel Resmi

Test drive New Daihatsu Luxio
Sumber :
  • VIVAnews/Herdi Muhardi

VIVA – Jajaran produk yang ditawarkan oleh PT Astra Daihatsu Motor saat ini beragam, diantaranya jenis pikap dan mobil keluarga. Di segmen tersebut, nama Gran Max dan Luxio sudah dikenal masyarakat karena sudah lama meramaikan pasar otomotif Tanah Air.

Bagi pemilik mobil Gran Max bermesin 1.500cc (pikap dan minibus) dan Luxio, agen pemegang merek Daihatsu itu mengimbau untuk bisa mengunjungi bengkel resmi di seluruh wilayah Tanah Air. Sebab, ditemukan adanya masalah pada komponen connecting rod atau orang awam lebih mengenalnya sebagai setang seher.

Direktur Pemasaran ADM, Amelia Tjandra mengatakan, program perbaikan yang dilakukan untuk Luxio dan Gran Max pikap serta minibus merupakan bentuk perhatian dan tanggungjawab Daihatsu sebagai produsen kendaraan untuk memastikan mobil yang dipakai pelanggan tetap aman dan nyaman.

"Bagi pelanggan yang mobilnya termasuk dalam daftar program recall, silahkan bawa ke bengkel resmi Daihatsu terdekat, dan kami siap menyambut kedatangan pelanggan," ujarnya di Technical Training Center Daihatsu, di Sunter, Jakarta Utara, Jumat 1 November 2011.

Baca juga: Menguak kemampuan mesin all new Toyota Corolla Altis Hybrid

Sementara itu, Technical Service Parts Division Head PT Astra Daihatsu Motor, Anjar Rosjadi mengatakan, ada gejala kerusakan pada komponen tersebut, dan berisiko membuat mesin mobil mati. Saat ini, sudah ada enam mobil yang terdeteksi masalah tersebut, dan telah dilakukan perbaikan.

"Total unit yang harus diperbaiki itu sebanyak 36.915 unit. Rinciannya, untuk Luxio 4 ribuan unit dan Gran Max 1.5 32 ribuan unit, sisanya unit mobil yang diekspor. Dari bulan Maret sampai September, kami temukan ada masalah setang seher itu. Pertama indikasinya bunyi kasar di mesin, tetapi ada yang sampai benar-benar mati mesinnya," ucapnya.

Mobil Daihatsu Gran Max dan Luxio yang terimbas masalah kerusakan setang seher, merupakan kendaraan yang diproduksi lokal pada periode Maret 2018 sampai April 2019. Pemilik mobil yang masuk dalam daftar recall akan dihubungi melalui surat pemberitahuan, telepon maupn sms, agar bisa segara mendatangi bengkel resmi terdekat.

Pada penggantian komponen tersebut, kata Anjar, konsumen tidak akan dikenakan biaya apapun alias gratis. Bahkan, ADM akan memberikan apresiasi kepada pemilik Luxio dan Gran Max yang ikut serta dalam program perbaikan tersebut, dengan memberikan voucher ganti oli gratis untuk servis berikutnya.

"Untuk pengerjaannya sendiri membutuhkan waktu 14 jam dan gratis. Kalau mobilnya sudah berpindah tangan, pemilik baru tetap bisa membawanya ke bengkel, karena kami bisa deteksi via data nomor rangka dan nomor mesinnya, jadi bisa tetap ikut perbaikan ini," tuturnya.