Belum Semua Sedan Crown Hybrid Menemani 'Pembantu' Jokowi, Kenapa?

Mobil Para Menteri dan Pimpnan Lembaga Tinggi Negara
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Jajaran Menteri Kabinet Kerja Jilid 2 akan mendapatkan mobil baru untuk menemani berbagai rutinitasnya membantu Presiden Joko Widodo. Kendaraan operasional yang dipakai selama lima tahun ke depan adalah Toyota Crown 2.5 HV G-Executive Hybrid. Sedan itu menduduki kasta tertinggi dibandingkan jajaran produk Toyota lainnya.

Marketing Director TAM, Anton Jimmi Suwandy mengatakan, sedan Crown untuk kendaraan dinas para Menteri dan pejabat negara lainnya sudah dikirimkan oleh PT Toyota Astra Motor sejak beberapa waktu lalu. Semua unit berwarna hitam, sebagaimana kendaraan dinas pejabat di Tanah Air.

"Sudah kami selesaikan pengirimannya semua ya. Totalnya ada 101 unit sedan Crown," ucapnya saat dihubungi VIVA.co.id, Senin 4 November 2019.

Meski sudah diserahterimakan, ternyata kendaraan mewah buatan Jepang itu belum bisa menemani aktivitas pembantu Jokowi. Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Kementerian Sekretaris Negara, Setya Utama. Dia mengatakan, administrasi kendaraan masih dicek dan penyerahannya dilakukan pada pertengahan November 2019.

Selain untuk para menteri, mobil dinas untuk pimpinan lembaga negara sudah diserahkan, jumlahnya mencapai 25 unit. Alasannya, karena pengecekan terhadap kendaraan dinas pimpinan lembaga sudah selesai dilakukan.

"Yang sudah selesai cek dan administrasinya kita serahkan dulu," ucapnya seperti dilansir dari VIVAnews, Senin 4 November 2019.

Sedan Crown yang berjumlah 101 itu akan dibagikan kepada Menteri dan pimpinan lembaga negara, seperti MPR, DPR,DPD, MK, MA, BPK, KY, Gubernur BI, OJK, pimpinan lembaga setingkat menteri, anggota wantimpres, serta termasuk mantan presiden dan mantan wakil presiden Republik Idonesia. Masing-masing mendapat satu mobil dinas baru dan satu lagi sebagai cadangan.