Loh, Harga Toyota Raize Lebih Murah dari Daihatsu Rocky

Daihatsu Rocky di Tokyo Motor Show 2019.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yunisa Herawati

VIVA – Proyek mobil kembar Toyota dan Daihatsu, ternyata tidak hanya ada di Indonesia. Hal yang sama juga dilakukan keduanya, di Jepang.

Pada gelaran Tokyo Motor Show 2019, Daihatsu memajang sport utility vehicle Rocky. Tak lama setelah diluncurkan secara resmi di negara tersebut, muncul kembarannya, yakni Toyota Raize.

SUV yang mampu menampung lima penumpang itu dibekali dengan mesin tiga silinder berkapasitas 1.000cc. Berkat penggunaan platform baru, yakni Toyota New Global Architecture dan Daihatsu New Global Architecture, baik Raize maupun Rocky bisa disematkan banyak fitur canggih.

Mulai dari pencegah terjadinya tabrakan, hingga sistem yang mampu memarkir kendaraan secara otomatis. Desain eksterior keduanya tidak jauh berbeda, mulai dari sisi samping hingga belakang.

Yang tampak tidak sama, hanya desain grille dan bumper. Rocky masih memakai desain lama, yang mempertahankan grille besar di dekat kap mesin. Sementara, lubang grille Raize cenderung besar di bagian bawah.

Sama seperti produk Toyota Rush dan Daihatsu Terios yang dijual di Indonesia, Raize dan Rocky ditawarkan dengan banderol berbeda. Namun, harga Rocky justru lebih mahal. Seperti dilansir dari laman resmi masing-masing merek, Rabu 6 November 2019.

Pada varian terendah, yakni Rocky L dengan penggerak dua roda (2WD), label harganya 1,705 juta Yen atau sekitar Rp219 juta. Sementara, varian terendah Raize, yakni X 2WD dijual hanya 1,679 juta Yen atau Rp216 juta.

Meski sama-sama memiliki varian G, namun versi Raize harganya 1,895 juta Yen atau sekitar Rp243 juta. Sedangkan, Rocky lebih mahal, yaitu 2,002 juta Yen atau setara Rp258 juta.