Toyota Yaris Sapu Bersih Podium Tertinggi di Kejurnas ITCR Max

Haridarma Manoppo dan Demas Agil.
Sumber :
  • TAM

VIVA – Tampil di salah satu ajang balap paling bergengsi di Indonesia, yaitu kejurnas Indonesia Touring Car Race Max (ITCR Max) seri ke-6, pada Minggu (10/11), di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, pembalap Toyota Team Indonesia (TTI) Haridarma Manoppo #39 dan Demas Agil #36, yang menggunakan Toyota Yaris, berhasil puncaki podium 1 dan 2.

Di hari yang sama, Demas Agil berhasil menaiki podium 1 disusul dengan Haridarma pada podium 2 di kelas P2, pada ajang balap Japan Super Touring Championship (JSTC), setelah berkompetisi dengan berbagai mobil yang memiliki spesifikasi dan kapasitas mesin berbeda.

Kedua torehan prestasi ini telah membuat Haridarma puncaki klasemen sementara kedua ajang ITCR Max dan JSTC dengan total poin masing-masing 61 poin dan 84 poin yang sekaligus memperbesar peluang TTI untuk kembali meraih gelar juara di tahun 2019.

“Terima kasih atas semangat juara yang secara konsisten pembalap beserta tim TTI tunjukkan pada setiap ajang balap yang diikuti. Kami bersyukur performa Toyota Yaris yang digunakan dapat mendukung Haridarma dan Demas dalam menyapu bersih podium 1 dan 2 di kedua kelas Kejurnas ITCR Max dan JSTC pada seri ke-6 kali ini. Kami harapkan pembalap dan tim TTI dapat terus memupuk semangat dan kekompakan dalam meraih kemenangan di sisa satu seri berikutnya agar dapat kembali meraih gelar juara di tahun 2019 ini,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.

Dengan berlangsungnya seri ke-6 Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) ini, maka akan tersisa satu seri lagi hingga akhir tahun ini untuk dimenangkan. Baik Haridarma Manoppo maupun Demas Agil yang menggunakan Toyota Yaris TTI untuk berkompetisi selalu merasa tertantang dan termotivasi untuk memberikan hasil terbaik pada ajang kejurnas ITCR Max dan JSTC.

Setelah melakukan persiapan yang matang bersama tim TTI untuk ITCR Max seri ke-6, pembalap senior Haridarma Manoppo akhirnya berhasil meraih podium 1 dan disusul oleh rekan satu tim-nya, Demas Agil pada podium 2.

“Senang sekali rasanya dapat kembali meraih podium 1 di ajang ITCR Max seri ke-6 ini setelah menjadi runner-up pada balapan sebelumnya. Terima kasih atas kerja keras tim dalam menemukan setting terbaik pada Yaris yang saya gunakan, sehingga Yaris yang memiliki performa dasar sangat kuat dapat mendukung saya untuk tetap fokus dalam meraih posisi terdepan sepanjang balapan berlangsung,” kata pembalap TTI dengan nomor mobil 39, Haridarma Manoppo.

Senada dengan seniornya, Demas Agil yang berhasil menaiki podium 1 pada ajang balap JSTC di kelas P2 juga mengungkapkan keseruan dalam berkompetisi di ajang balap ini disertai dengan ucapan syukur atas hasil baik yang telah diraihnya.

“Berkompetisi di JSTC ini seru sekali karena kami yang menggunakan Toyota Yaris dituntut untuk dapat bersaing dengan mobil lainnya yang memiliki spesifikasi dan kapasitas mesin yang berbeda. Senang sekali rasanya dapat finish di posisi ke-1 setelah bersaing dengan cukup ketat dengan rekan satu tim saya Haridarma yang berhasil finish di posisi ke-2. Saya bersyukur Yaris TTI yang saya kemudikan telah di-setting dengan tepat oleh tim sehingga sangat mendukung saya dalam bermanuver sepanjang balapan. Terima kasih saya ucapkan kepada seluruh tim dan kepada seluruh pihak yang telah senantiasa memberikan dukungan kepada kami,” kata pembalap TTI dengan nomor mobil 36, Demas Agil.

Menurut Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor yang merupakan principal dari TTI, mengatakan bahwa tujuan dari keikutsertaan kedua pembalap TTI di kelas JSTC ini adalah untuk dapat mengembangkan performa mobil dan skill pembalap secara konsisten untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya.

“Tidak hanya bertujuan untuk terus memajukan dan meramaikan olahraga balap mobil di Tanah Air, baik ajang ITCR Max maupun JSTC ini juga bisa menjadi sarana bagi kami untuk melakukan riset dalam pengembangan performa Yaris sekaligus menjadi sarana yang baik bagi pembalap TTI untuk dapat mengasah kemampuan dan menambah pengalaman mereka dalam dunia balap. Sejauh ini, kami cukup puas bahwa Yaris dapat bersaing dengan baik pada ajang yang bergengsi ini,” kata Soerjo.