3 Destinasi di Pulau Jawa untuk Road Trip Akhir Tahun Bareng Keluarga

Dok. Mitsubishi Motors Indonesia.
Sumber :

VIVA – Berlibur dengan cara road trip atau menggunakan mobil, saat ini menjadi salah satu yang digemari oleh sebagian besar masyarakat. Road trip, nyatanya menjadi tren yang cukup digemari tidak hanya oleh kalangan muda, tapi juga bagi mereka yang sudah berkeluarga. 

Apalagi, saat ini beberapa akses infrastruktur baru sudah siap untuk dilintasi. Jalan tol dari Merak hingga ke timur pulau Jawa, misalnya atau jalan tol layang Jakarta-Cikampek yang akan dioperasikan pada akhir November 2019 menjadi contoh akses infrastruktur yang membuat liburan road trip akan terasa lebih efektif karena dapat memangkas waktu tempuh perjalanan. 

Nah, menjelang penghujung tahun 2019, tentu Anda memiliki beberapa rencana untuk menghabiskan waktu libur akhir tahun bersama keluarga, bukan? Jika salah satu rencana akhir tahun Anda adalah liburan road trip, berikut rangkuman tim Viva untuk destinasi road trip akhir tahun yang bisa Anda lewati dengan menggunakan ruas tol Trans-Jawa. 

1. Road Trip Cirebon

Pilihan pertama untuk destinasi liburan road trip Anda di pulau Jawa saat akhir tahun bersama keluarga, adalah Cirebon. Karena letaknya yang cukup strategis dan menjadi simpul pergerakan transportasi antara Jawa Barat dan Jawa Tengah, tak heran masuk dalam salah satu kota tersibuk di Indonesia.

Di Cirebon Anda dan keluarga dapat menikmati wisata mulai dari wisata sejarah dan edukasi di Keraton Kasepuhan, bermain air di Cirebon Waterland Taman Ade Irma Suryani, berburu batik di Sentra Batik Trusmi, dan menikmati suguhan makanan khas Cirebon yang bisa Anda temukan di sepanjang perjalanan di kota Cirebon. 

Untuk menuju Cirebon dengan mobil, ada beberapa jalur alternatif yang bisa Anda pilih dari tol Jakarta-Cikampek. Pertama, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke jalan tol Cikopo-Palimanan (Cipali) dan diteruskan ke tol Palimanan-Kanci (Palikanci) dengan total panjang 142 km dan waktu tempuh selama 1-2 jam.

2. Road Trip Malang

Kota selanjutnya yang bisa Anda lewati ketika melintas di tol Trans-Jawa adalah Malang. Kota yang dijuluki Kota Apel ini memiliki udara yang relatif sejuk dan menjadikannya sebagai salah satu tempat tujuan wisata terfavorit di Jawa Timur.

Di Malang, Anda bisa menikmati beberapa wisata menarik seperti petik apel mandiri, menjelajahi taman labirin besar yang juga memiliki air terjun Coban Rondo, menikmati liburan dengan gaya Jepang dengan berendam di onsen alami, ataupun sekedar mencicipi makanan khas Malang di beberapa restoran. 

Untuk menuju Malang dengan mobil, Anda akan membutuhkan waktu tempuh 11-12 jam menggunakan mobil melalui jalur tol Trans-Jawa atau jarak tempuh sekitar 851 km. Adapun rute yang dilalui dari Jakarta menuju Malang ialah melalui tol Jakarta-Cikampek hingga  tol Mojokerto-Surabaya. Selanjutnya keluar tol menuju Gunungsari/Dupak, lalu masuk ke jalan tol Kejapanan-Gempol atau jalan tol Porong-Gempol. Kemudian dilanjutkan dengan masuk ke jalan tol-Gempol-Pandaan lalu jalan tol Pandaan-Malang hingga akhirnya sampai di Kota Malang.

3. Road Trip Yogyakarta

Pilihan destinasi road trip akhir tahun di pulau Jawa bersama keluarga yang terakhir adalah Yogyakarta. Ragam jenis wisata tersedia di Jogja, mulai dari wisata sejarah, alam, hingga yang tak boleh ketinggalan adalah wisata kuliner. Semuanya ada di sini. Dengan mulai efektifnya ruas-ruas tol baru di Trans-Jawa, berlibur ke Jogja kini semakin mudah, cepat dan nyaman dengan menggunakan mobil. 

Untuk sampai ke Yogyakarta, jarak tempuh yang harus Anda lalui dari Jakarta adalah sekitar 562 km. Perjalanan panjang ini akan menghabiskan waktu setidaknya 9-10 jam perjalanan. Beruntung, dengan adanya tol Trans-Jawa, perjalanan yang menguras tenaga tersebut bisa terasa menyenangkan oleh keindahan panorama sepanjang perjalanan serta kondisi jalan yang mulus. 

Itulah pilihan destinasi liburan road trip yang bisa Anda nikmati bersama keluarga di akhir tahun ini. Namun ada hal lain yang wajib diingat juga selama road trip, yaitu mobil yang digunakan akan menjadi rumah berjalan, sehingga perlu mempertimbangkan kenyamanan serta keamanan bagi Anda dan seluruh penumpang.

Untuk itu, pilihan mobil yang aman dan nyaman saat digunakan road trip bersama keluarga menjadi faktor penting untuk diperhatikan. 

Mitsubishi memiliki variasi mobil yang bisa Anda pilih untuk melakukan road trip aman dan nyaman bersama keluarga. Terlebih menjelang akhir tahun, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), distributor resmi kendaraan Mitsubishi Motors di Indonesia, kembali menyelenggarakan program menarik untuk konsumen Mitsubishi yang melakukan pembelian kendaraan di bulan November 2019.

Selain program penjualan menarik, setiap pembelian kendaraan Mitsubishi Xpander dan Mitsubishi Pajero Sport pada periode 1 Oktober - 30 Desember 2019 berkesempatan untuk mengikuti Gebyar Undian Akhir Tahun berhadiah 1 unit Pajero Sport, 3 Unit Xpander, Trip ke Jepang atau 150 IPhone XR*, untuk info lebih lengkapnya klik link di sini.

*Syarat dan ketentuan berlaku