Baru Meluncur, Pesaing Innova dan Avanza Kena Recall

Suzuki XL6
Sumber :
  • Overdrive

VIVA – Setelah sempat muncul bocoran wujudnya, mobil keluarga baru Suzuki akhrnya resmi mengaspal di India. Dengan spesifikasi yang diusung, kendaraan tersebut menjadi pesaing Toyota Innova.

Mobil yang dimaksud adalah Suzuki XL6. Wujudnya mirip dengan Ertiga, namun dimensinya lebih besar. Desainnya sporty, tidak seperti mobil keluarga pada umumnya.

Sesuai namanya, XL6 dirancang agar bisa menampung enam penumpang. Berkurangnya jatah untuk satu orang, menjadikan kabin mobil ini lebih lapang dari multi purpose vehicle lainnya.

“Ada peningkatan permintaan akan MPV mewah. Kami selalu berusaha memenuhi apa yang diinginkan konsumen, dan ini menjadi salah satu jawabannya,” ujar Chief Executive Officer Maruti Suzuki, Kenichi Ayukawa, dilansir dari Rushlane, Jumat 6 Desember 2019.

Baca Juga: Lihat Aksi Dirut Garuda Bergaya Bung Karno

Mesin yang disematkan sama dengan Ertiga yakni K15B berkapasitas 1.500cc. Tapi, ada penambahan sistem hibrida, sehingga konsumsi bahan bakar menjadi sedikit lebih irit. Harganya mulai dari 980 ribu Rupee, atau sekitar Rp195 juta.

Sayangnya, versi mild hybrid dari mobil tersebut harus ditarik kembali. Sebab, Maruti Suzuki menemukan adanya cacat produksi pada komponen smart motor generator atau SMG. Komponen tersebut berfungsi menggantikan starter dan dinamo pada mobil.

Maruti Suzuki mengatakan, komponen SMG didatangkan dari luar negeri dan spesifikasinya tidak sesuai dengan permintaan mereka. Selain XL6, Ertiga Hybrid dan Ciaz Hybrid juga harus dibawa kembali ke bengkel. Total ada sekitar 63 ribu unit yang terdampak.