Diskon Mobil Baru Akhir Tahun, Lebih Besar Xpander atau Livina?

Xpander Ultimate AT
Sumber :
  • VIVA/Toto Pribadi

VIVA – Merek mobil Nissan dan Mitsubishi kini berada dalam satu aliansi bisnis. Wujud kerjasama dua perusahaan Jepang itu, dirasakan masyarakat Indonesia lewat produk Mitsubishi Xpander dan Nissan All New Livina.

Keduanya dibangun menggunakan platform dan bodi yang sama. Meski demikian, Xpander mengadopsi desain Dynamic Shield yang menjadi identitas kendaraan-kendaraan baru Mitsubishi.

Hal yang sama juga terlihat pada model baru Livina. Meski desain bodi secara keseluruhan sangat mirip dengan Xpander, mobil baru ini mengadopsi gaya V-Motion yang menjadi ciri khas Nissan pada semua produknya.

Terkait harga, Xpander yang dijual di Tanah Air memiliki delapan varian, dengan banderol Rp212,3 juta untuk varian paling rendah, serta Rp267,1 juta untuk varian paling tinggi. Harga tersebut merupakan on the road Jakarta.

Baca juga: Cuci Gudang, Beli Mobil Datsun Baru Cukup Siapkan Rp7 Jutaan

Sementara itu, generasi baru Livina hanya memiliki tiga varian yang terdiri dari 3 tipe bertransmisi otomatis dan satu tipe transmisi manual. Label harga yang dipasang, mulai dari Rp228,8 juta sampai Rp269,1 juta on the road Jakarta.

Lantas, bagiamana soal diskon yang diberikan untuk dua mobil ini? Penelusuran VIVA.co.id, potongan harga untuk unit Mitsubishi Xpander lebih besar dibandingkan dengan Nissan All New Livina.

Salah seorang tenaga penjual dari diler Mitsubishi di Jakarta menyebut, potongan harga yang diberikan untuk Mitsubishi Xpander dibuka dari angka Rp17 juta.

"Angka itu masih bisa pengajuan, maksimalnya sih hanya Rp20 juta. Bisa juga, diskonnya tetap segitu, saya beri tambahan aksesori saja kalau serius," ujar sales wanita yang enggan disebut namanya, Senin 9 Desember 2019.

Sementara tenaga penjual dari Diler Nissan di Jakarta mengatakan, Nissan Livina terbaru itu hanya diberikan promo potongan harga Rp 15 juta, berlaku untuk pembelian secara tunai maupun dengan sistem kredit.

"Diskon mentok Rp17 juta saja untuk Nissan All New Livina. Berlaku semua tipe dan warna ya, mobilnya produksi 2019," tutur sales yang enggan disebut identitasnya itu.