Beli Mobil Akhir Tahun Dapat Diskon Gede, Mitos atau Fakta?

Nissan Terra di IIMS 2019.
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA – Membeli mobil di akhir tahun dianggap waktu yang tepat bagi sebagian orang. Sebab, jelang pergantian tahun biasanya diler-diler mobil akan menawarkan potongan harga untuk pembelian unit kendaraan baru.

Tenaga penjual dari diler resmi Mitsubishi, Andi mengatakan, selain potongan harga, biasanya sales juga memberikan bonus aksesori. Cara tersebut dianggap ampuh, untuk menarik minat konsumen memboyong kendaraan baru sebelum pergantian tahun.

"Untuk diskon sebenarnya sama saja besarnya. Cuma, akhir tahun itu kan sales diminta untuk bisa menghabiskan mobil yang diproduksi di tahun yang sama, jadi banyak promonya," ujarnya kepada VIVA.co.id, Senin 9 Desember 2019.

Dia mengatakan, untuk potongan harga terkadang lebih besar di awal tahun, bukan di akhir tahun. Sebab, stok unit produksi tahun yang lama harus dihabiskan, sebelum mulai memasarkan  mobil produksi tahun berikutnya.

Baca juga: Garasi Presiden RI Ke-4, Ternyata Pernah Ada Sedan Mewah Jerman

"Kalau misalnya konsumen beli bulan Januari 2020, tetapi stok unit yang produksi 2019 masih ada, pasti akan ditawarkan yang lama dulu, biar stoknya habis. Makanya diskon biasanya lebih besar," paparnya.

Hal senada dikatakan seorang tenaga penjual dari diler Nissan-Datsun di Jakarta. Dia mengatakan, potongan harga besar untuk pembelian mobil baru bisa diberikan dari Desember sampai Februari tahun berikutnya.

"Kalau Desember memang ada program promonya akhir tahun. Tetapi yang di awal tahun itu, diskon besar ya untuk menghabiskan stok. Kecuali konsumen maunya unit yang produksinya tahun 2020, itu enggak akan ada diskonnya," tuturnya.