Pesaing Honda Jazz dan Toyota Yaris Meluncur, Harganya Cuma Rp118 Juta

Tata Altroz
Sumber :
  • Autobics

VIVA – Selama bertahun-tahun, pasar mobil segmen hatchback di beberapa negara dikuasai oleh Honda Jazz dan Toyota Yaris. Kedua mobil itu menawarkan bentuk yang menarik, serta fitur kekinian yang cocok untuk anak muda.

Kini, muncul pesaing baru dari India. Tata Motors resmi membuka selubung Altroz, mobil tanpa buntut yang diprediksi bakal mengganggu penjualan dua merek Jepang itu.

Dilansir dari Motoroids, Selasa 10 Desember 2019, Altroz memiliki tampilan yang tidak kalah menarik. Mobil ini dibekali mesin tiga silinder berkapasitas 1.200cc, yang dapat menghasilkan tenaga 86 daya kuda dan torsi 113 Newton meter.

Meski tidak sebanding dengan mesin Jazz atau Yaris yang berkapasitas 1.500cc, namun Tata lebih fokus pada keiritan bahan bakar. Mereka bahkan juga memasang fitur idle start stop, yang akan secara otomatis mematikan mesin saat terjebak di kemacetan.

Banyak fitur canggih yang disematkan. Mulai dari pengisian daya gawai quick charging, hingga ambient lighting dan panel indikator semi digital.

Pintunya bisa dibuka hingga 90 derajat, sehingga penumpang dapat keluar masuk dengan leluasa. Bagian bawah setir dibuat rata, memberi kesan sporty layaknya mobil balap.

Meski belum dijual resmi, namun Tata menyebut bahwa banderolnya ada di kisaran 120 ribu Rupee, atau setara dengan Rp118 juta.