5 Fitur Unggulan Altroz, Calon Pembunuh Honda Jazz dan Toyota Yaris

Tata Altroz
Sumber :
  • Autobics

VIVA – Tata Motors resmi membuka selubung Altroz, mobil tanpa buntut yang diprediksi bakal mengganggu penjualan Honda Jazz dan Toyota Yaris. Mobil tersebut akan diproduksi dan dijual di India, dalam waktu dekat.

Altroz memiliki tampilan yang tidak kalah menarik. Mobil ini dibekali mesin tiga silinder berkapasitas 1.200cc, yang dapat menghasilkan tenaga 86 daya kuda dan torsi 113 Newton meter.

Meski tidak sebanding dengan mesin Jazz atau Yaris yang berkapasitas 1.500cc, namun Tata lebih fokus pada keiritan bahan bakar. Mereka bahkan juga memasang fitur idle start stop, yang akan secara otomatis mematikan mesin saat terjebak di kemacetan.

Dilansir dari Indianautosblog, Kamis 12 Desember 2019, Altroz dibekali dengan banyak fitur baru, yang diharapkan bisa membuat mobil tersebut menarik minat konsumen di Negeri Hindustan.

Bahasa desain Impact 2.0

Tata menggunakan Bahasa Desain Impact 2.0 pada Altroz. Desain ini sebelumnya sudah dipakai untuk merancang sport utility vehicle Tata Harrier.

Dengan desain ini, tampilan Altroz memang menjadi menarik. Seperti penyematan lampu sein di dekat pintu depan, hingga tuas pembuka pintu belakang yang menyatu dengan pilar C.

Platform Alfa-arc

Tata akan segera mengenalkan platform baru, yakni Alfa-arc pada jajaran produk mereka. Platform ini memungkinkan mereka untuk merancang kendaraan, dengan fokus pada ruang kabin yang luas dan nyaman.

Filosofi tersebut ideal untuk diterapkan pada Altroz, yang merupakan mobil mungil. Nantinya, platform akan digunakan juga untuk model lain, seperti SUV.

Teknologi LED

Berbeda dengan zaman dulu, kendaraan saat ini membutuhkan arus listrik yang besar. Itu sebabnya, Altroz dirancang menggunakan lampu LED di bagian depan dan belakang.

Alhasil, arus listrik bisa dialokasikan ke sektor lain, seperti hiburan dan sensor untuk fitur keselamatan penumpang.

Sistem hiburan canggih

Kenyamanan penumpang menjadi faktor yang sangat diperhatikan Tata. Itu sebabnya, mereka memasang layar tujuh inci yang bisa terkoneksi dengan ponsel. Bahkan, tersedia juga tombol khusus untuk mengaktifkan Google Assistant.

Harga

Jika pesaingnya ditawarkan dengan harga di atas 900 ribu Rupee atau sekitar Rp180 juta, maka Altroz bakal dijual dengan banderol 500-700 ribu Rupee, yang jika dikonversi menjadi sekitar Rp118 juta hingga Rp139 juta.